Amoplusmagz
Zapco Z-150.6 LX Zapco Z-150.6 LX
Pelit fitur ini bukan tanpa alasan. Zapco membuatnya agar benar-benar hanya pengutan suara saja yang diproses oleh power ini, tidak ada hal lainnya. Bahkan... Zapco Z-150.6 LX

Speaker kelas kompetisi harus diimbangi power yang setaraf

Amoplus Magazine – Dari semua seri Anniversary, Z-150.6 LX mungkin yang banyak dicari oleh para pengguna speaker 3way. Tenaga yang disediakan sebesar 150 Watt per kanalnya. Sangat sesuai untuk  mendrive speaker midbass yang membutuhkan daya yang besar. Keuntungan dengan tenaga besar ini, kontrol terhadap speaker menjadi lebih baik.

Kelas dari power ini adalah kelas AB, tapi secara dimensi hanya berukuran (18,9×6,1×63,8)cm (LxTxP). Relatif kecil untuk power berdaya total 500Watt x 3 kanal. Yang membuat ukurannya bisa direduksi adalah pemanfaatan komponen yang sangat detail dan spesifik.

Fitur

Power pada umumnya memiliki cukup banyak fitur. Mininal filter, seperti LPF atau HPF disediakan. Bahkan kadang dilengkapi juga dengan bass boost plus remotenya. Namun untuk Z-150.6 LX, tidak ada fitur tersebut, hanya ada gain control yang berfungsi untuk menyesuaikan dengan besarnya tegangan input yang masuk ke dalam power amplifier. Rangenya cukup luas dari 0,2V sampai 8V. Berarti dari head unit yang normal sampai head unit kelas kompetisi yang mempunyai keluaran tinggi bisa menggunakan power ini.

Pelit fitur ini bukan tanpa alasan. Zapco membuatnya agar benar-benar hanya pengutan suara saja yang diproses oleh power ini, tidak ada hal lainnya. Bahkan sekering-pun harus menggunakan sekering eksternal. Jangan lupa untuk yang satu ini, gunakan sekering yang sesuai. Paling tidak 100 Ampere untuk input sampai dengan 15 VDC.

Fitur lain yang bisa dikatan bukan fitur, tapi juga patut dituliskan adalah kemampuan untuk di bridge. Jadi setiap dua kanal dari power ini bisa di bridge untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar. Jadki kalau per kanal tenaga yang dihasilkan bisa hingga 150Watt, dengan bridging ini bisa melonjak maksimal hingga 500 Watt. Tapi jangan dilupakan, beban maksimal untuk kondisi bridge ini hanya 4 Ohm. Sedang untuk stereo bisa hingga 2 Ohm.

Sound Test

Untuk pengujian suara, Zapco Z-150.6 LX kami gunakan langsung keenam kanalnya. Kanal 1 dan 2 untuk membunyikan tweeter Fabulous Acoustic FA2, kemudian kanal 3 dan 4 nya untuk midwoofer dan terakhir kanal 5 dan 6 dibridge mono untuk menggerakan subwoofer.

Greatest Hits of Basso kami putar, trak 6 sebagai lagu pembuka. Luar biasa, kontrol speaker yang baik dapat dirasakan. Suara rendah yang pas, bertenaga dan tidak berlebihan. Suara bass menengah juga tersaji dengan apik. Memang tampak sekali sesuai untuk pemakaian seperti ini. Kami yakin juga jika digunakan untuk 3 way hasilnya juga akan sama baiknya.

Lagu lain seperti lagu-lagu yang biasa dipakai untuk SPL, Black Eyed Peas juga kami gunakan. Suara rendahnya tersaji dengan baik. Bertenaga dan mempunyai kontrol yang baik.

AmoPlus Lab.

Layaknya power kelas hi-end yang mempunyai kualitas tinggi, pengukuran dari Zapco Z150.6 terlihat sangat baik. Tanggapan frekuensinya rata dari frekuensi rendah sampai tinggi. Pengukuran tenaga juga baik. Tenaga maksimum melebihi spesifikasi yang ada. Tapi meski demikian kami tidak menyarankan untuk menggunakannya secara “full power”, secukupnya saja, itu-pun normalnya sudah berlebihan.

Volt Watt
Stereo max 4 Ohm 29.2 213.16
Stereo gain 1/2   4 Ohm 10.88 29.59
Bridge  gain  1/2   4 Ohm 18.48 85.38

Spesifikasi  :

■ Class-AB bridgeable car amplifier

■ 7/6/5/3 channel bridgeable car amplifier

■ Stable into 4 ohms bridged or 2 ohms stereo load

■ PWM MOSFET power supply

■ Input sensitivity (gain) control variable

■ 18dB octave crossover slope

■ Variable Full/LP/HP selectable crossover (CH1/2/3/4)

■ Variable Full/LPF Selectable crossover (CH5/6)

■ Variable bass boost (CH5/6)

■ Variable subsonic (CH5/6)

■ RCA signal input connectors

■ 4-way protection circuitry (thermal / over current / speaker short / DC )

■ Tested voltage & THD: 14.4V & less than 0.05% THD at rated power

■ Operating voltage : DC10V-15.5V power input

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + eleven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.