Amoplusmagz
WILD WILD
Gebukan drum dan cabikan bass terasa dahsyat. Tapi bukan hanya kencang saja, clarity, kejernihan suara baik vokal maupun suara frekuensi tinggi tetap terjaga. Luar... WILD

Sedan seyogyanya bersuara kalem. Satu yang ini benar-benar berbeda.

Sebuah Honda Cielo berwarna merah menyala terparkir di dalam Bengkel Rajawali. Bukan sekali itu saja AmoPlus melihat mobil tersebut di sana. Tapi ada perbedaan, kali ini kakinya tidak menggunakan velg besar dan ban tipis tapi velg standar berwarna hitam dan ban yang cukup tebal. Tampak lebih sangar dari luar.

Ketika tiba saat sesi pemotretan di lapangan, Cielo ini datang pertama kali di banding rombongan yang lain. Kebetulan, mumpung masih sepi AmoPlus meminjamnya lebih dahulu. Padahal biasanya di foto dulu baru didengarkan.

Suguhan pertama langsung lagu rock tahun 80-an Guns N’ Roses, volume langsung dibuka pada posisi kencang, bukan hanya seperti untuk percakapan biasa. Suara yang menggelegar hampir mirip dengan dikonser terdengar di mobil yang relatif kecil itu. Gebukan drum dan cabikan bass terasa dahsyat. Tapi bukan hanya kencang saja, clarity, kejernihan suara baik vokal maupun suara frekuensi tinggi tetap terjaga. Luar biasa. Lagu lain yang iramanya tidak segarang tadi juga kami coba. Hasilnya tetap tersaji apik. Tapi karena sudah merasakan lebih dahulu lagu yang dahsyat, rasanya lagu audiophile jadi biasa-biasa saja.

Lebih lanjut mengenai Cielo merah milik Mr. Malik, kami paparkan berikut ini:

Head Unit + CD Changer

Agak jarang penikmat audio yang masih mempertahankan cd changer, tapi berhubung alatnya sudah ada dan masih bisa digunakan tidak ada salahnya dipakai. Head unit lawas namun terkenal mempunyai kualitas yang baik yaitu Alpine CDA-7998 yang legendaris digunakan sebagai “cd transport” (istilah pemutar cd yang digunakan di dunia home hi-end audio).

Prosesor
Untuk pemreosesan sinyal suara dari cd transport tadi dilakukan sepenuhnya oleh prosesor bermerek Alpine. Bahkan DAC nya juga dipakai yang dari prosesor, sebab dari HU hanya diambil langsung sinyal digitalnya saja. Selanjutnya semua dilakukan oleh prosesor, termasuk pengaturan volume suara.

Mini D’Appolito
Terlihat speaker yang terpasang, semuanya bermerek Scanspeak, untuk midrangenya tipe 5F dengan tweeter Berilium yang diapit di tengahnya. Meski susunannya D’Appolito., tapi karena ukuran 5F terhitung kecil, bahkan hampir sebesar tweeter, keseluruhan tatanan speaker ini terlihat tidak mengganggu pandangan ke depan.

Midbass
Speaker midbass, di mana digunakan merek Scanspeak juga ditempatkan di bagian pintu. Tentu dibuatkan box khusus sehingga dentumannya bisa maksimal ditampak suara yang dihasilkan bisa cukup rendah.

Subwoofer
Yang istimewa pada sistem ini hanya digunakan sebuah subwoofer saja. Sebuah subwoofer bermerek Rockford Fosgate berukuran 12 inci yang dilengkapi dengan dua coil. Penempatannya di bagasi dengan muka menghadap ke bawah. Meski terlihat penempatannya seolah dalam box sealed, tapi jika bagasi ditutup, box langsung berubah menjadi bandpass, karena bagasi juga berperan sebagai box.

Power Amplifier
Satu power amplifier Tru Technology digunakan untuk mendrive speaker D’ Appolito didepan. Kemudian Genesis DM untuk midbassnya. Yang juga istimewa adalah dua power Rockford Fosgate monoblok untuk menggerakan subwoofer. Jadi satu coil  pada subwoofer langsung ditenagai oleh sebuah power. Dengan kata lain satu subwoofer tapi powernya dua monoblok. Pantas suara yang dihasilkan tidak pernah kekurangan tenaga. Luar biasa.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.