Amoplusmagz
Warming Up Warming Up
Toyota Avanza yang sehari-hari ia tunggangi kini sistem audionya telah dirubah Warming Up

It’s just the beginning

AmoPlus Magazine – Dunia audio selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat minat para penikmatnya. Meski tak terbilang signifikan, dari waktu ke waktu angka pemainnya selalu mengalami peningkatan. Wayan Adhi merupakan salah satu sosok muda yang saat ini sedang tertarik untuk mendalami dunia audio. Sebagai pemanasan ia coba merakit sebuah sistem pada mobil miliknya. Untuk konsep yang diaplikasikan memang tidak terlalu ekstrim. Sebagai awal ia hanya menerapkannya untuk penggunaan harian saja.

Toyota Avanza yang sehari-hari ia tunggangi kini sistem audionya telah dirubah. Tak ada masalah dengan sistem audio standard, namun soal rasanya saja yang dinilainya “kurang greget”. Karena hal itu ia memutuskan untuk merombaknya. Sistem yang diterapkan lebih mengarah ke sound quality. Ia lebih sering menikmati audio saat dirinya sedang berada di dalam mobil. Perangkat yang digunakan di dalamnya pun bisa dikatakan beragam. Dari mulai head unit, amplifier, hingga ke speaker diisi oleh merek yang berbeda. Dalam hal tersebut sang pemilik sedang mencoba me-mixing setiap perangkat guna mendapatkan hasil suara yang sesuai dengan seleranya.

Head unit
Pada tempat head unit, pemilik menyematkan Pioneer AVH-165DVD. Harganya terbilang ekonomis. Dan dari segi fitur head unit satu ini telah dibekali dengan fitur-fitur yang memang lebih sering digunakan oleh sang pengguna dalam kesehariannya. Jadi bisa dikatakan fitur yang dimiliki memang tidak terlalu banyak namun efisien, sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh sang penggunanya.

Speaker
Speaker standard di bagian depan mobil ini kini telah dipensiunkan, perannya digantikan oleh speaker 3 way JBL. Sementara itu dibagian belakang juga turut ditambahkan satu unit subwoofer guna memantapkan bunyi bass yang dihasilkan.

Amplifier
Ada tiga perangkat penguat suara yang ditanamkan dalam mobil ini. Mereka adalah Venom Vertigo Series, Roger’s TI Series, dan Performa. Masing-masing dari mereka telah didaulat untuk menyuplai daya pada speaker-speaker yang telah diaplikasikan pada mobil ini.

Skema yang diterapkan memang terlihat sederhana. Namun dari sini tentunya sang pemilik dapat lebih mengenali mengenai karakter sistem seperti apa yang ia sukai. Kabarnya dalam beberapa waktu kedepan sang pemilik akan kembali mengupgrade sistem yang telah diterapkannya ini. kira-kira seperti apakah sistem yang diterapkan? Akankah lebih “wah” dari yang sekarang? Untuk itu kita nantikan saja babak selanjutnya apa yang akan dilakukan oleh pemilik.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.