Amoplusmagz
VOX Research VOX Research
Jenis amplifier empat kanal memang banyak digandrungi oleh pengguna sistem audio mobil, selain memberi keleluasaan dalam proses setting dan instalasi, kompatibilitasnya juga menjadi salah... VOX Research

VRA-804 MIII

Jenis amplifier empat kanal memang banyak digandrungi oleh pengguna sistem audio mobil, selain memberi keleluasaan dalam proses setting dan instalasi, kompatibilitasnya juga menjadi salah satu poin yang patut diperhitungkan.

Banyaknya varian amplifier besutan VOX Research, tentunya memberi pilihan tersendiri untuk jenis penguat daya dengan fitur yang melimpah. Kini VOX kembali hadir dengan penampilan  baru kelanjutan dari Mark II, dimana secara keseluruhan desain masih dengan casing yang memadu unsur warna silver dan gold, sehingga terkesan sangat elegan.

Memang rasanya kurang puas jika hanya memandang tampilan luarnya saja. Untuk itu kami mencoba membedah isi perutnya, dan ternyata amplifier VOX Research VRA-804 MIII memiliki rangkaian sirkuit yang tergolong padat. Layaknya sebuah motherbord PC, dimana rangkaian bagian catu daya dan audio dirancang secara terpisah. walau ukuran amplifier ini hanya berukuran mini, namun terlihat rangkaian komponen tersusun rapi yang tentunya tidak hanya sekadar hiasan semata.

Power amplifier yang dirancang kelas AB ini memang tidak tanggung-tanggung. Ia didukung oleh komponen penguat akhir jenis Mosfet yang mampu menghasilkan daya 80 watt per kanal (untuk keluaran 4 kanal). Bahkan untuk disipasi panas, amplifier ini dikemas oleh casing tebal yang juga  berfungsi sebagai heatsink. Wajar saja kalau bobot VRA-804 MIII ini terasa lebih berat untuk ukurannya yang mini

Mengadopsi daya keluaran 4 kanal, VOX Research VRA-804 MIII didukung oleh banyak fitur. Dari sistem pengaturan untuk Low Pass Filter (LPF) maupun High Pass Filter (HPF) dapat diatur dengan range  frekuensi yang cukup luas, sehingga penguat daya tersebut dapat diatur titik potong frekuensinya lebih leluasa. Dan berfungsi sebagai crossover aktif, Bahkan bagi pengguna crossover pasif, pengaturan switch dapat diatur pada mode Full.

Pada bagian jalur masukan, selain terdapat  4 koneksi model RCA, yang per 2 kanal memiliki gain control. Untuk jalur teminal loudspeaker terdapat 4 pasang slot yang semuanya dapat dioperasikan dengan menggunakan kunci L. Karena jalur masukannya 4 kanal, maka setiap 2 jalur masukan difasilitasi dengan pengaturan secara terpisah, sehingga konfigurasi Fullrange, LPF maupun HPF dapat diset sendiri-sendiri.

Spesifikasi

Daya Keluaran :
80 watt x 4 (4 Ohm)
120 watt x 4 (2 Ohm)
Bridge @ 240 watt x 2 (4 Ohm)

Tanggapan frekuensi :
10 – 30.000 Hz

Rasio S/N  > 90dB

Sensitivitas  : 200mV

THD : <0,15%

Dimensi (HxWxD) :
241 x 239 x 54 mm

Dalam uji dengar, kami menggunakan head unit double DIN Pioneer dan satu set speaker keluaran Pioneer sistem dua-jalur, kali ini kami tidak menggunakan crossover pasif  bawaan, melainkan memanfaatkan sistem 2 kanal dengan konfigurasi crossover LPF dan HPF.

Saat diperdengarkan musik dari album CD reference keluaran Dali, terdengar kontur suara yang dihasilkan cukup flat, dimana detil instrumen musik tersaji secara utuh, bahkan kualitas vokal dengan sedikit sentuhan pengaturan LPF dan HPF secara akurat mengikuti spesifikasi speaker, terkesan lebih tebal dan  berbobot.

Walau tidak difasilitasi mode bassboost, terdengar gebukan bas yang terasa solid, dan tidak meleset jauh tonal balance-nya. Dari hasil pengujian secara keseluruhan performa dari VOX Research VRA-804 MIII terbilang baik, selain kemampuan untuk menampilkan detil suara , amplifier ini juga beroperasi dengan tenang tanpa menimbulkan panas berlebihan.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.