Amoplusmagz
Vox Research VR 6.2 PP Vox Research VR 6.2 PP
Pada driver tweeter Vox yang diberi seri YN05-025D01, menyuguhkan jenis driver standar dengan casing yang terbuat dari plastic, namun konusnya terlindungi oleh grill sarang... Vox Research VR 6.2 PP

Amoplus Magazine – Model loudspeaker sistem dua-jalur kini cukup banyak digandrungi oleh para pengguna audio mobil, karena memiliki beberapa keunggulan tersendiri selain efesiensi kemudahan setting menjadi salah satu point yang penting, walau soal biaya yang dikeluarkan dapat diatur sesuai budget. 

Vox Research merupakan salah satu pembuat driver speaker yang cukup inovatif dalam meluncurkan setiap produknya, termasuk seri paling gress VR 6.2 PP, dimana dalam paket penjualannya terdiri dari sepasang driver woofer, sepasang tweeter, serta sepasang crossover pasif yang dirancang khusus untuk sistem dua-jalur.

Saat AmoPlus membuka paket dus berwarna hitam dengan logo Vox warna kontras,  terdapat paket driver yang terdiri dari woofer 6 inci serta tweeter 1 inci model dome, di dalamnya juga tersedia paket crossover pasif, yang masing-masing komponen ditempatkan secara terpisah.

Pada driver tweeter Vox yang diberi seri YN05-025D01, menyuguhkan jenis driver standar dengan casing yang terbuat dari plastic, namun konusnya terlindungi oleh grill sarang laba, sehingga terkesan kokoh. Tampilannya menjadi anggun ketika lingkaran pelindung karet dipasangkan. Tweeter ini memang dirancang untuk dapat ditempatkan secara terpisah, bisa diletakkan di dashboard, dan dapat ditempatkan pada pilar.

Sedangkan untuk driver woofernya yang diberi seri WF6-PP, kami lihat basket dan magnetnya terlihat cukup sederhana, walau di bagian samping magnet dihiasi dengan shielding karet. Walau hanya berukuran konus 6 inci, porsi ukuran magnet memang hampir mendekati ukuran speaker secara keseluruhan, sehingga terkesan cukup mewah.

Sebelum dilakukan pengujian, kami siapkan piranti penunjang, yaitu headunit single-DIN Alpine CDE-163EBT, dipasangkan dengan amplifier empat kanal yang dikonfigurasi menjadi sistem stereo pada mode fullrange dan setiap terminal kami hubungkan langsung ke crossover Vox Researh yang mengadopsi Optimized 4th orderAcoustical Linkwitz-Riley dengan tingkat titik potong frekuensi dirancang akurat sesuai paket speaker VR 6.2 PP

Ketika kami coba beberapa musik yang diambil dari bebera album CD kontes. Kualitas bas yang disajikan ternyata gesit dan terasa cukup ketat, bahkan mampu mereduksi getaran resonansi dengan baik, sehingga kami dapati kontrol bas yang tidak mengecewakan.

Begitu pula pada hasil reproduksi frekuensi tinggi, tweeter VR 6.2 PP yang mengandalkan konsep kubah, mampu menghasilkan tanggapan yang luas, ini membuktikan jika crossover pasif bawaan VR 6.2 PP dikonfigurasi dengan titik guling frekuensi tinggi yang telah disetting secara akurat,

Dari hasil pengujian di atas secara keseluruhan, kemampuan loudspeaker sistem dua-jalur Vox Researh VR 6.2 PP, ternyata mampu menghasilkan reproduksi suara dengan tingkat musikalitas tinggi, walau kami yakin kalau paket speaker ini belum melewati masa break-in.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.