Amoplusmagz
VOX Pro 12AMP : Prosesor Yang Ditopang 12 Channel Power Amplifier VOX Pro 12AMP : Prosesor Yang Ditopang 12 Channel Power Amplifier
Jika Anda mendambakan jenis prosesor yang built-in amplifier multi dengan keluaran sampai 12 channel, VOX Pro 12AMP, mungkin menjadi perangkat yang perlu dipertimbangkan, karena... VOX Pro 12AMP : Prosesor Yang Ditopang 12 Channel Power Amplifier

Amoplus Magazine – Jika Anda mendambakan jenis prosesor yang built-in amplifier multi dengan keluaran sampai 12 channel, VOX Pro 12AMP, mungkin menjadi perangkat yang perlu dipertimbangkan, karena jarang sekali prosesor yang memiliki dukungan amplifier sebanyak itu. Dan kali ini tim Amoplus akan mengulasnya lebih jauh.

Pro 12AMP merupakan salah satu seri besutan VOX yang dirilis untuk para audio mania yang dikemas dengan struktur modul yang kompak, walau dimensinya tidak tambun, tapi fitur yang ditawarkan sangat menggiurkan. Selain channel yang disediakan lumayan banyak, kemampuan prosesornya sangat membantu dalam setting audio secara professional.

Melihat tampilan bodi secara keseluruhan, VOX Pro 12AMP terlihat elegan, dengan balutan warna hitam berserat, mencermikan produk handmade dan terkesan eklusif. Pada bagian panelnya, terbagi dalam dua sisi yang berseberangan, dimana terdapat jalur keluaran speaker, satu sisi lainnya juga menyediakan jalur keluaran RCA jika Anda akan mengandalkan power amplifier eksternal terpisah.

Untuk jalur masukan, selain terdapat koneksi analog stereo, juga tersedia koneksi digital coaxial dan optical. Ini membuktikan kalo Pro 12AMP memiliki kompatibilitas yang mumpuni dalam kebutuhan source-nya. Belum lagi terdapat 2 port USB yang kini sudah menjadi koneksi standar prosesor tidak luput dari perangkat tersebut.

Port USB salah satunya merupakan jalur koneksi untuk digunakan sebagai media PC tuning yang dapat berinteraksi melalui software secara plug and play, dan secara otomatis akan terbaca di PC , sehingga akan menampilkan DSP tuning dengan tampilan interface layaknya sebuah workstation yang dapat disetting secara rinci dan professional. Artinya dari software tersebut, VOX Pro 12AMP dapat diolah fungsi penyetelan audionya, baik dari setting pilihan source, LPF dan HPF, Delay, sampai pada pengaturan EQ dengan akurat.

Dengan metode ekstraksi audio yang memiliki sampling sebesar 48 kHz, DSP ini mengandalkan prosesor resolusi tinggi 64-bit presisi ganda Floating Point dan 170 Mhz, 31 band ekualiser parametrik, maupun crossover dengan slope 6 sampai dengan 48 dB/oktaf.

Dalam kesempatan ini, kami juga menjajal VOX Pro 12AMP untuk diuji kemampuannya, selain konfigurasi channel yang akan dioptimalkan, juga kualitas suara yang dihasilkan dalam mereproduksi alunan maupun vocal.

Seperti biasa, kami tetap mengandalkan mesin source headunit single-din yang kami padukan dengan sepasang speaker 2-way dikonfugurasi dalam mode aktif. Sedangkan untuk subwoofer kami memanfaatkan jalur channel keluaran RCA 11 dan 12 dengan bantuan power terpisah untuk subwoofer.

Setelah dilakukan sedikit tuning audio dengan kondisi perangkat bantu yang ada, kami dapati kualitas suara yang direproksi terasa hangat dan tebal, ini dapat dirasakan vocal yang sebelumnya tipis, terangkat dengan cukup signifikan, jelas dan detil, bahkan setiap bunyi alunan music seolah memiliki layer tersendiri membentuk sound-stage luas. Dapat kami simpulkan VOX Pro 12AMP, walau terjejal dengan multi amp di dalamnya, tetap mampu menghadirkan kekuatan dan kualitas suara dengan performa yang dapat diandalkan bagi para audiophile yang menyukai music di dalam mobil.

SPESIFIKASI
• Active Range : > 110 dB
• S/N Rasio : > 100 dB
• THD : < 0,05 %
• Freq Response : 20 Hz – 20 kHz
• Input Impedance : Low Level Input 20 kOhm, High Level Input 240 Ohm
• Power Output : RMS 25W x 12 (4 Ohm)
• Power Output : RMS 40W x 12 (2 Ohm)
• Input Voltage : (Max) : RCA Input : 7Vpp, High Level : 26Vpp
• OutpunVoltage : (Max) : RCA Input : 8Vpp, Amplifier : 26Vpp
• Channel Crosstalk : > 70 dB
• Sampling Rate : 48 kHz/24-Bit

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.