Amoplusmagz
Treatment Apik Hadirkan Nuansa Musik Berkelas Treatment Apik Hadirkan Nuansa Musik Berkelas
Sistem audionya merupakan buah karya dari gerai audio Sumber Jaya Audioworkshop, Lampung. Sistemnya menganut aliran SQ. Karena dipersiapkan untuk kontes, banyak treatment akustik... Treatment Apik Hadirkan Nuansa Musik Berkelas

Tak melulu soal perangkat, pembubuhan treatment yang baik juga dapat berpengaruh pada kualitas suara

Amoplus Magazine – HRV merah ini adalah salah satu kontestan pada gelaran Final USACI 2017/2018 lalu. Sistem audionya merupakan buah karya dari gerai audio Sumber Jaya Audioworkshop, Lampung.  Sistemnya menganut aliran SQ. Karena dipersiapkan untuk kontes, banyak treatment akustik yang diterapkan di dalamnya. Hal tersebut dimaksudkan guna mendapatkan hasil suara yang lebih optimal.

Perihal perangkat, slot head unit dipercayakan pada Clarion DRX 9255. HU ini berjenis single din. Salah satu alasan sang pemilik memilihnya adalah karena reproduksi suaranya yang dinilai baik. Karenanya meskipun tanpa fitur pemutar video HU ini tetap dipertahankan keberadaannya pada HRV merah ini.

Di sektor penghasil suara, satu set speaker 3way lansiran Audible Physics ditempatkan di kabin depan. Satu set speaker ini terdiri dari seri T1 untuk tweeter, midrange RAM2Q, dan midbass RAM6A. Positioning dilakukan seperti biasa, midbass di tempat standard, midrange dan tweeter di pilar A. Area dashboard sedikit dibubuhi diffuser (yang berwujud seperti kulit durian) guna meredakan pantulan suara “nakal” yang tak diinginkan.

Untuk menggerakan speaker 3way yang terpasang di bagian depan tadi, ada power 6 kanal dipasangkan di area belakang. Masing-masing kanalnya mengemban tugas untuk menggerakan setiap speaker yang terpasang di area depan. Dan dalam hal pengolah suaranya ditugaskan pada prosesor Helix DSP PRO MKII, ia turut dibenamkan dalam sistem audio di mobil ini.

Lanjut ke area belakang, di sini tertanam satu subwoofer Scanspeak 23W untuk penyembur suara bass. Positioningnya tepat diatas sarang ban serep, jadi box-nya dibenamkan pada space yang tersedia di atas ban serep. Untuk membuatnya bergerak, subwoofer ini disuplay laangsung oleh satu amplifier monoblok.

Sebagai treatment tambahan, pada area belakang HRV ini turut dibubuhi dengan 2 lembar “busa telur” pada bagian sisi kanan dan kiri. Benda tersebut sebetulnya sering kali difungsikan untuk meredam suara. Jadi maksud ditambahkannya benda tersebut di bagian belakang mobil ini adalah agar suasana di sekitarnya dapat terasa lebih senyap. Dengan begitu suara yang keluar dari speaker pun akan terasa lebih baik.

Berkat treatment yang baik, sistem pun tentunya akan terdengar lebih baik. Meski kelihatannya sepele, tapi faktanya itu dapat berpengaruh terhadap perubahan suara yang dihasilkan.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 10 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.