Amoplusmagz
Totalitas Dalam Membangun Mobil Totalitas Dalam Membangun Mobil
Pemilik mobil ini merupakan seseorang yang bertipikal perfeksionis. Baginya segala sesuatu yang dikerjakan hasilnya harus sempurna. Tak terkecuali dalam hal membangun sistem audio. Saat... Totalitas Dalam Membangun Mobil

Tipikal perfeksionis ketika membangun audio mobil.

Amoplus Magazine – Pemilik mobil ini merupakan seseorang yang bertipikal perfeksionis. Baginya segala sesuatu yang dikerjakan hasilnya harus sempurna. Tak terkecuali dalam hal membangun sistem audio. Saat ini ia menunggangi All New Toyota Fortuner lansiran tahun 2016. Konon katanya ini merupakan mobil kesayangannya. Kemanapun ia pergi mobil hitam ini selalu menemaninya. Merasa kurang puas dengan performa sistem audio standard, ia pun coba mengakalinya dengan melakukan sedikit perombakan pada bagian audionya. Workshop yang menjadi rujukan adalah Meng’s Audio yang bermarkas di sekitaran Jalan Brigjen Katamso, Medan.

Sebelum audio di mobil ini benar-benar dirombak, terlebih dahulu pemiliknya berkonsultasi dengan sang installatur, mengenai apa-apa saja yang nantinya hendak dipasangkan, serta tipikal musik seperti apa yang biasanya didengarkan. Setelah konsultasi dilangsungkan, kemudian tiba saatnya eksekusi.

Dari hasil jajak pendapat antara installatur dan pemilik mobil, akhirnya disepakati bahwa untuk audio yang disematkan pada mobil ini nantinya akan mengadopsi dua settingan sekaligus. Settingan pertama dikhususkan untuk lagu-lagu audiophile, dan settingan kedua untuk lagu-lagu yang sedikit “nge-beat”. Kenapa dibuat demikian ? Pada dasarnya pemilik mobil ini menyukai kedua aliran musik tersebut. Jadi bila ditanya kenapa, jawabanya adalah karena ini merupakan pinta dari pemiliknya langsung.

Pertanyaannya jika dalam sebuah sistem menganut dua settingan sekaligus, efektifkah keduanya bila digunakan dalam komposisi perangkat yang sama ? Faktanya keduanya tetap bisa berjalan dengan baik. Kedua settingan audio untuk dua aliran musik yang berbeda tetap bisa dimainkan dengan baik di mobil ini.

Perangkat-perangkat audio yang diaplikasikan pada mobil ini hampir seluruhnya didominasi oleh Gramond. Seperti kita lihat di barisan depan mobil ini sudah bertengger komposisi 3way speaker Gramond R2 Series. Untuk penyembur bass-nya dibantu oleh subwoofer Gramond S-10 yang ditanamkan di bagian belakang mobil.

Amplifier yang diaplikasikan di mobil ini ada tiga buah. Masing-masing dari mereka adalah Gramond Premium GC42S untuk mendrive tweeter dan midrange, Gramond GC41S untuk midbass, dan Gramond MLT 21SE untuk menggerakan subwoofer. Sementara itu untuk mainsource-nya diisi oleh Alpine X008. Dan untuk pengolah suaranya ditugaskan pada Alpine PXA-H800.

Keseluruhan perangkat bekerja dengan baik di mobil ini. Sehingga hasil akhirnya ketika lagu diputarkan lantunan musiknya benar-benar terasa nyaman di telinga. Sebetulnya mobil ini hanya diperuntukan untuk mobil harian saja oleh sang pemilik. Akan tetapi ketika ditanya soal kontes dengan lantang ia menjawab “ya kalau ada kita tentu siap untuk turun di kontes tersebut, toh sistemnya udah mendukung kok”. Terangnya pada tim AmoPlus. Untuk itu kita lihat saja kedepannya akankah mobil ini mampu mengantongi banyak piala dari kontes-kontes yang diikutinya ?  kita nantikan bersama.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + fourteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.