Amoplusmagz
Tips Setting Amplifier Tips Setting Amplifier
Untuk memperoleh hasil suara yang baik tak cukup hanya dengan mengandalkan kualitas saja, tetapi juga diperlukan pengaturan-pengaturan secara baik dan benar. Tips Setting Amplifier

Untuk memperoleh hasil suara yang baik tak cukup hanya dengan mengandalkan kualitas saja, tetapi juga diperlukan pengaturan-pengaturan secara baik dan benar supaya suara yang dihasilkan bisa keluar dengan maksimal. Misalnya saja dalam hal penggunaan power amplifier. Jika pengaturannya tidak dilakukan dengan benar alias asal-asalan tentu saja kualitas suara yang dikeluarkan tidak akan maksimal. Maka dari itu pada edisi kali ini Amoplus coba memaparkan sedikit tips untuk setting amplifier.

Atur Gain  

Pertama-tama perhatikan besaran output yang dikeluarkan oleh head unit. Untuk mencegah terjadinya clipping maka besarnya gain tersebut harus disamakan dengan output dari head unit. Cara sederhananya atur volume head unit sampai maksimum, lalu kurangi sekitar 5 tingkat ke bawah. Kemudian putarkan tombol gain pada amplifier searah jarum jam sampai suara yang terdengar di speaker belum rusak (clipping).

Posisikan filter sesuai dengan karakter suara yang hendak dimainkan.

Selanjutnya sesuaikan filter mode pada amplifier dengan jenis speaker yang digunakan. Misalnya jika amplifier lebih difungsikan untuk membunyikan subwoofer maka tombol/saklar filter digeser ke posisi LPF (Low Pass Filter). Sedang kalau untuk midrange ke atas gunakan HPF (High Pass Filter). Untuk speaker fullrange atau speaker yang menggunakan crossover passive gunakan mode FULL. Namun jika masih belum mendapatkan setting-an yang pass dari filter, pengaturannya masih dapat dilakukan dengan cara memutar tombol Frequency pada power amplifier sesuai dengan selera yang diinginkan.

Optional bass boost

Penggunaan bass boost disarankan untuk optional, karena biasanya bass boost hanya menguatkan pada satu frekuensi saja. Hal tersebut tentu saja akan mempengaruhi tatanan suara di atasnya, terkecuali bila memang menginginkan SPL yang tinggi di satu frekuensi.

  • Agus biyan

    25/08/2020 #1 Author

    Om saya baru pasang power+subwoofer di bengkel audio. Tp kenapa di power saya kok hpf nya tidak berfungsi ya? Saya putar2 tidak ada pengaruhnya. Dan tidak ada kabel yg masuk ke input HPF. Hanya ada kabel input utk rear/subwoofer. Dan di crossovernya di mode Full, bukan hpf. Apakah ini karena utk front langsung dr head unit? Berarti utk front masih pakai crossover pasif?
    Sedangkan urutan utk setting amplifier gimana baiknya, frekuensi dulu baru gain, atau sebaliknya? Front dulu atau rear dulu?
    Terimakasih.

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.