Amoplusmagz
The Taste Like Pro Audio The Taste Like Pro Audio
Salah satu mobil SQL yang menurut kami “sungguhan” adalah CRV putih milik Rudy saputra ini. Kenapa kami katakan begitu, kita bisa melihat dari cara... The Taste Like Pro Audio

Sistem audio mobil “rasa” pro audio

Amoplus Magazine – Di dunia car audio kita mengenal beberapa aliran yang menjadi kiblat dibangunnya sebuah sistem. Ada SQ, SQL, SPL, ataupun car theatre. Diantara aliran-aliran tersebut SQL menjadi salah satu genre yang banyak diminati, terutama oleh kaum muda. Mobil-mobil beraliran SQL biasanya memiliki gaya rombakan yang lebih atraktif, jadi kesannya tidak monoton.

CRV-Gramond-2

Salah satu mobil SQL yang menurut kami “sungguhan” adalah CRV putih milik Rudy saputra ini. Kenapa kami katakan begitu, kita bisa melihat dari cara sistemnya dibagun. Dari mulai pemilihan perangkat, penataan, sampai dengan rombakan yang dilakukan benar-benar didedikasikan untuk SQL. Sampai dengan berwujud seperti sekarang sistem audio di CRV putih ini sempat beberapa kali mengalami perubahan. Pemiliknya memang gemar mengutak-atik audio. Jadi setiap kali menemukan gagasan baru biasanya tanpa berpikir panjang langsung ia aplikasikan pada mobilnya tersebut.

CRV-Gramond-11

Audio di mobil ini digarap oleh tim dari Audiocreations yang nahkodai oleh Boy. Untuk ukuran sebuah sistem audio mobil, rombakan yang dilakukan bisa dikatakan sangat ekstrim. Tidak ada bangku penumpang yang tersedia di mobil ini. Semuanya dibuang habis, yang tersisa hanya satu bangku saja di bagian kemudi, sisanya semua area dipadati oleh perangkat-perangkat audio.

CRV-Gramond-10

Mainsource dan pengolah suara pada CRV ini ditempati oleh perangkat lansiran Alpine. Di bagian head unit ada seri IVA W520E, sedangkan untuk prosesor ada PXA-H800. Kedua perangkat keluaran Alpine ini memang dikenal memiliki fitur mumpuni. Itu sebabnya pada mobil-mobil kelas kontes kita sering melihat perangkat ini menjadi andalan di posisinya masing-masing.

CRV-Gramond

Lanjut ke perangkat penguat suara. Total ada tujuh amplifier yang diaplikasikan. Empat adalah amplifier Gramond GC Premium, dan tiga lagi amplifier Momentum 5K. Barisan amplifier Gramond pada mobil ini mengemban tugas untuk mendrive 2 set speaker Prorange yang terpasang di bagian belakang. Sementara tu untuk amplifier momentum dipergunakan untuk menggerakan 6 subwoofer.

CRV-Gramond-13

Bicara soal speaker, yang diaplikasikan di bagian belakang mobil ini adalah seri Prorange dari Gramond. Ia bertugas sebagai penghasil tonal saat audio dimainkan. Speaker ini adalah speaker yang memang didesain khusus untuk SQL. Lihat saja penampakannya, midbass ataupun tweeternya, sangat berbeda bukan dari tweeter yang biasa kita jumpai di lingkup audio mobil. Seri Prorange ini memang didesain agar ia mampu berteriak lebih lantang, sehingga ketika digunakan untuk SQL daya jangkau suaranya lebih jauh dan stabil.

CRV-Gramond-3

Pada mobil ini diaplikasikan sekaligus dua set speaker Prorange. Dari komposisi yang dibuat tentu kita bisa bayangkan akan seperti apa suaranya. Yap betul, suara yang dihasilkan terdengar lebih bertenaga. Sensasinya hampir serupa dengan ketika kita mendengar sistem pro. Hanya bedanya sistem yang satu ini terpasang pada sebuah mobil.

CRV-Gramond-5

Seperti tadi kami sebut diawal, audio di mobil ini sempat beberapa kali berubah. Jika kami perhatikan, setiap kali ikut kontes sistemnya pasti berubah. Entah itu hanya berubah komposisinya ataupun berubah susunan perangkatnya. Pastinya setiap perubahan yang dilakukan tetap mengusung konsep SQL ekstrim.

CRV-Gramond-7

Selama berkecimpung di arena kontes audio mobil beberapa predikat juara mampu dikantongi oleh CRV putih ini. Diantaranya adalah 1st Runner Up EMMA Final Round Jakarta 2016, 1st Place 2sub HIN Bandung 2016, National Champion Final Round HIN Jakarta 2016, 1st Place EMMA FFA CFC Indonesia Round Tangerang 2017, 3rd Runner Up EMMA FFA CFC Final China 2017, dan yang terakhir adalah 2nd Runner Up CAN Autopro Bali 2017.

CRV-Gramond-9

Pada dasarnya Rudy saputra si pemilik CRV ini memang memiliki kegemaran terhadap dunia audio mobil. Itu sebabnya ia tak pernah setengah-setengah ketika membangun mobilnya. Totalitas selalu ia kedepankan. Saat berita ini ditulis kabarnya pemilik CRV putih bersticker JNE ini sedang mempersiapkan satu mobilnya lagi untuk dirombak audionya. Kira-kira seperti apakah sistem yang akan dibagun ? akankah pencapaiannya mampu menyamai atau bahkan melampaui CRV putih ini ? kita nantikan saja bersama sepak terjang seorang penghobi yang biasa merombak mobilnya secara ekstrim ini.

CRV-Gramond-6

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.