Amoplusmagz
The Special One The Special One
Tahun 2020 hampir selesai, tetapi karya-karya terbaik dari Concerto Surabaya masih terus berjalan. Workshop ternama di Surabaya yang satu ini selalu bisa menghadirkan kejutan-kejutan... The Special One

System Sound Quality istimewa ala Concerto Surabaya.

Amoplus Magazine – Tahun 2020 hampir selesai, tetapi karya-karya terbaik dari Concerto Surabaya masih terus berjalan. Workshop ternama di Surabaya yang satu ini selalu bisa menghadirkan kejutan-kejutan dan konsep-konsep baru yang memukau. Kebiasaannya yang suka membangun system audio dengan konsep “beda” dan terencana dengan baik selalu sampai ke para customernya.

Afuk adalah nama dari pemilik mobil New Innova bercat silver yang mobil kesayangannya akan kita bahas disini. Mengacu pada system audio bergenre SQ dengan model 3 way, Afuk dan Concerto Surabaya sepakat untuk membangun system audio yang istimewa dan siap untuk diuji. Agar kita dapat mengenalnya lebih jauh,  mari kita bahas satu-persatu tentang perangkat audio apa saja yang digunakan pada mobil ini.

Yang pertama akan kita bahas adalah bagian processornya. Prosesor yang dipilih untuk memproses sinyal-sinyal audio pada mobil ini dipilih dari brand asal USA yaitu Brax Audio. Processor Brax dengan tipe DSP.

Kemudian untuk partisi pasukan speaker depan, Afuk dan Concerto mempercayakan kualitas dari brand Focal audio. Seri yang dipilih yaitu Focal utopia M untuk tweeter dan midbassnya. Sementara untuk midrangenya, ia memilih untuk menggunakan Micro Precision z studio 100 f. Ketiga produk ini merupakan produk yang sering digunakan para pemain audio dalam merancang system SQ yang istimewa. Harganya tidak bisa dibilang murah, ketiga perangkat ini jika dikalkulasikan hampir menyentuh angka 100 juta. Meski begitu, hal ini terbayar dengan kualitas yang produk ini berikan.  Untuk formasi positioning, Afuk dan Concerto menempatkan tweeter di kerangka pintu bersebelahan dengan midrange yang berada di pilar A. Sementara untuk midbassnya berada di doortrim pintu.

Sekarang mari kita beranjak meninggalkan pasukan depan dan pindah ke bagian belakang. Di lini kabin belakang kita akan melihat rangkaian subwoofer dan amplifier. Untuk amplifiernya, Afuk dan Concerto memasang 3 unit amplifier kolaborasi antara Vivaldi dan Bevalor. Untuk produk Vivaldi, sang installer memasang Vivaldi Wonderful 4 channel dan Vivaldi Wonderful 2 channel. Sementara untuk produk Bevalor, ia memasang Bevalor im 1000. Ketiga produk ini berkolaborasi dengan baik, saling memberi daya untuk memenuhi kebutuhan daya bagi speaker dan subwoofer. Seluruh power amplifier ini ditata bersebelahan di lantai bagasi. Saling terhubung dengan bantuan kabel Dios Delamusica.

Selanjutnya, untuk menambah power bass nya, Afuk dan Concerto Surabaya memasang subwoofer Focal Utopia M. Subwoofer ini ditempatkan di pojok sebelah kiri, dekat dengan pintu bagasi. Pengaplikasian rangkaian amplifier dan subwoofer ini cukup memakan tempat. Sehingga kursi penumpang belakang harus di kalahkan.

Demikianlah rangkaian system audio yang dibangun Concerto Surabaya bagi Toyota Innova milik Afuk. Konsep yang dituangkan pada mobil ini menghasilkan output suara yang sangat bagus dan siap untuk diterjunkan di perhelatan dunia peraudioan tanah air.

Jika kamu menyukai konsep ini, kamu bisa langsung menyambangi workshop Concerto Surabaya yang beralamatkan di Jl. Sukosemolo No.12, Semolowaru, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.