Amoplusmagz
The New Challenger Is Born The New Challenger Is Born
Perombakan audio pada mobil ini seluruhnya dikerjakan oleh workshop Duta motor, Bekasi. Menurut keterangan dari sang installer proses pembangunan audio pada mobil ini memakan... The New Challenger Is Born

Sejak awal dibangun sistem audio di mobil ini memang dipersiapkan untuk kompetisi

Amoplus Magazine – Meriahnya ajang kompetisi car audio di tanah air nampaknya menarik perhatian sejumlah pihak. Salah satunya adalah pemilik Innova putih ini. Dirinya sampai rela untuk membangun satu mobil untuk diikut sertakan dalam kompetisi. Mobil tersebut adalah yang kami tampilkan saat ini dengan sistem audio beraliran SQ.

Perombakan audio pada mobil ini seluruhnya dikerjakan oleh workshop Duta motor, Bekasi. Menurut keterangan dari sang installer proses pembangunan audio pada mobil ini memakan waktu kurang lebih sekitar satu bulanan. Soal pemilihan genre, SQ dipilih oleh sang pemilik karena ia ingin audio di mobilnya tersebut bisa dinikmati juga saat dirinya berada dalam perjalanan. Mengenai apa saja yang terpasang, berikut kami berikan pemaparannya.

Sebelum perangkat-perangkat audio dinaikan, hal pertama yang dilakukan oleh sang installer adalah memperbaiki sektor akustik dari si mobil. Karena Innova ini bermesin diesel yang notabene raungan suara mesinnya terdengar cukup kencang ke bagian dalam, maka treatment peredamannya harus dilakukan secara lebih ekstra. Dalam hal ini sang installer melapisi area dalam mobil ini dengan dua jenis peredam. Lapisan pertama menggunakan peredam berjenis butyl rubber, kemudian untuk lapisan kedua menggunakan jenis foam. Kedua jenis peredam yang digunakan menggunakan produk dari dr Artex.

Kita masuk ke kabin bagian depan. Di tempat head unit kita melihat ada dua head unit terpasang secara berdampingan. Satu adalah head unit double din dengan ukuran layar yang cukup besar, dan satu lagi adalah single din. Keduanya sama-sama difungsikan dengan baik. Head unit double din diperuntukan sebagai source multimedia. Sedangkan untuk HU single din hanya dikhususkan untuk source audio saja, mengingat ia memiliki kemampuan reprodusi suara yang lebih baik.

Line up speaker depan diisi oleh komposisi 3way Scanspeak Gold Series. Untuk midbass masih ditempatkan pada posisi standard-nya yaitu pada trim pintu depan. “Rumahnya” sedikit dimodifikasi agar ia bisa lebih optimal untuk bermain di low frekuensi. Kemudian untuk midrange dan tweeter ditempatkan di pilar A. Angle-nya diatur sedemikian rupa agar hasil reproduksi suaranya terdengar lebih rapih.

Satu subwoofer turut ditambahkan pada bagian belakang. Subwoofer tersebut masih berasal dari brand yang sama, yaitu Scanspeak. Ia ditaruh dalam box sealed di pojok kiri area bagasi. Ukuran box-nya cukup besar namun tak sampai harus mengorbankan slot bangku belakang untuk menempatkannya.

Total ada dua amplifier ARC Audio terpasang pada Innova ini. Keduanya merupakan amplifier 4 kanal. Amplifier pertama bertugas untuk menghidupkan tweeter dan midrange yang terpasang di kabin depan. Sementara itu dua kanal dari amplifier kedua mendapat tugas untuk mendrive midbass-nya. Dua kanal tersisa di-bridged untuk membunyikan subwoofer.

Satu lagi perangkat yang perannya cukup vital pada sistem audio di mobil ini adalah prosesor. Satu prosesor dari ARC Audio turut dibenamkan pada Innova ini. Ia terpasang tepat di belakang amplifier, di area bagasi. Tugasnya tak lain adalah untuk mengatur tata suara yang tersaji. Dengan segudang fitur yang dimiliki sosoknya sanggup menjadikan tatanan suara di mobil ini menjadi terdengar lebih rapih.

Audio di mobil ini sebetulnya baru saja selesai digarap. Direncanakan debut pertamanya dalam kompetisi audio mobil akan terjadi pada event IASCA, bertepatan dengan gelaran IHEAC 2019. Kita nantikan saja, akankah ia berhasil menuai prestasi gemilang untuk kemudian bersinar di kancah peraudio mobilan tanah air? Kita nantikan bersama.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.