Amoplusmagz
Tampang Gahar, Bersuara Memukau Tampang Gahar, Bersuara Memukau
Amoplus Magazine - Di tanah air, tipikal-tipikal mobil seperti Isuzu MUX ini sering kali dijuluki sebagai “mobil laki”. Maksudnya adalah mobilnya para lelaki. Melihat... Tampang Gahar, Bersuara Memukau

Tampilan boleh saja terlihat garang, namun siapa sangka jika di bagian dalamnya terdapat sistem audio dengan suara yang memukau

Amoplus Magazine – Di tanah air, tipikal-tipikal mobil seperti Isuzu MUX ini sering kali dijuluki sebagai “mobil laki”. Maksudnya adalah mobilnya para lelaki. Melihat tubuh besar dan tampilannya yang gahar kami rasa julukan tersebut memang tepat diberikan padanya.

MUX-Audiocreations-Owner-and-Installer

MUX-Audiocreations-FrontSystem

Sejauh ini kami memang agak jarang melihat mobil jenis ini dimodifikasi oleh pemiliknya, terutama untuk sektor audionya. Sebagian besar pemilik mobil jenis ini membiarkannya tetap pada kondisi orisinil. Beberapa waktu lalu kami berhasil bertemu dengan MUX yang audio didalamnya telah dirombak total. Mungkin ini adalah kali pertamanya AmoPlus membedah sistem audio di Isuzu MUX. Ingin tahu apa saja yang terpasang didalamnya ? berikut kami sajikan ulasannya.

MUX-Audiocreations-HU-Singledin

MUX-Audiocreations-HU

Di bagian depan, konsol head unit diisi oleh perangkat double din lansiran Alpine, yaitu seri INE-W957. Head unit ini dibekali dengan layar LED sebesar 7”. Untuk fitur audio seri yang satu ini juga sudah dibekali dengan fitur time correction, 9 band parametric EQ, dan setting crossover. Itu artinya selain untuk pemutar file head unit ini juga dapat diandalkan untuk mengolah output suara.

MUX-Audiocreations-Subwoofer

Beranjak ke sektor penyembur suara. Sebagai driver penghasil suara pada MUX ini dipasangkan satu set speaker Gramond dengan sistem d’appolito. Pada skema d’appolito ini posisi tweeter diapit oleh midrange. Format seperti ini bertujuan agar suara yang dihasilkan tweeter lebih “terarah”. Selain format d’appolito di bagian depan, pada bagian belakang mobil ini juga turut ditambahkan satu buah subwoofer Gramond berukuran 10”.

MUX-Audiocreations-RearSystem

MUX-Audiocreations-Amplifier

Sebagai penyuplai daya untuk speaker, ada 4 buah amplifier Gramond dioprasikan di MUX ini. Keempatnya ditempatkan di bagian belakang, satu area dengan subwoofer. Mengingat space pada area belakang ini tidak terlampau besar, maka pola penempatan keempat amplifier ini dilakukan dengan sistem susun.

MUX-Audiocreations

Satu prosesor Alpine seri PXA-H800 juga nampaknya turut diaplikasikan disini. Kami menemukan sosoknya terpasang di area bagasi mobil, berdampingan dengan amplifier. Prosesor lansiran Alpine ini memang sejak lama dikenal memiliki fitur mumpuni dalam hal pengolahan suara. Kemudahan dalam pengoprasian menjadi salah satu nilai plus-nya dimata para pecinta car audio di tanah air.

MUX-Audiocreations-Processor

Bicara soal mobil, pemilik MUX ini mengatakan bahwa mobilnya ini sejatinya merupakan mobil harian. Salah satu alasan ia merombak audionya adalah karena ia merasa butuh sarana hiburan yang mumpuni ketika berada diperjalanan. Setidaknya dengan sarana hiburan yang mumpuni tingkat stress yang timbul akibat menghadapi padatnya jalanan ibu kota bisa sedikit berkurang.

MUX-Audiocreations-Skema

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.