Amoplusmagz
Suara Mantap untuk Mobil Berkelas Suara Mantap untuk Mobil Berkelas
Amoplus Magazine - Bronson Audio yang berlokasi di daerah Kedoya, Jalan Panjang, Jakarta Barat, baru-baru ini menyelesaikan sebuah pemasangan audio untuk mobil Toyota Fortuner.... Suara Mantap untuk Mobil Berkelas

Amoplus Magazine – Bronson Audio yang berlokasi di daerah Kedoya, Jalan Panjang, Jakarta Barat, baru-baru ini menyelesaikan sebuah pemasangan audio untuk mobil Toyota Fortuner. Mobil yang tergolong SUV dengan badan bongsor ini sekarang sudah lebih banyak dipilih para penikmat jalanan mulus. Tentu juga semakin mantap jika dilengkapi dengan audio yang berkelas.

Untuk audio, pada mobil seperti ini bisa diaplikasikan berbagai jenis. Awalnya sendiri Toyota sudah mengaplikasikan head unit touch screen yang secara fitur dan tampilan terlihat sudah “keren”. Tapi bagi para penikmat audio, apalagi yang sudah lama merasakan yang baik dan benar, yang hanya “kelihatan” pastilah tidak cukup. Audio itu untuk di dengar dengan telinga. Bukan hanya dilihat saja.

Car

Cobalah sedikit iseng jika sedang berkunjung ke installer audio dan “intip” seperti apa saja perangkat audio standar OEM, khususnya yang tidak kelihatan. Lihatlah speaker OEM, bandingkan tweeternya, lalu midwoofer. Lihatlah fisiknya yang awalnya di tutup oleh doortrim yang indah dipandang mata. Lalu bandingkan dengan speaker aftermarket yang akan diaplikasikan sebagai pengganti. Itu baru yang “semi” terlihat, yang bisa diperhatikan oleh semua orang. Bahkan oleh yang awam mengenai audio. Belum lagi mengenai kabel-kabel, crossover dan pemasangannya……

Nah, setelah itu barulah bisa dipahami bahwa produk aftermarket yang baik sangat penting untuk menghasilkan suara yang jauh lebih baik, suara seperti yang diharapkan.
Pemilik dari Fortuner ini, sebut saja Mr. R, awalnya adalah penggemar audio yang tergolong “yang penting kencang”. Dulu, cukup dua subwoofer 12 inci dengan box ported, speaker split dengan tweeter yang kencang, power fullrange ala kadarnya, plus power class D buat sepasang subwoofer. “Suara bikin sakit kuping ngga masalah, mobil vibrasi bergetar-getar malah makin suka”. Tapi itu duluuu sekali. Begitu kenal dengan tatanan sound quality, mendengar alunan suara yang dihasilkan oleh speaker berlabel Flux. Awalnya mulai dengan Flux BC, yang bisa dikatakan entry level dari Flux. Namun saat ini sudah lebih dari empat mobil semuanya menggunakan Flux sebagai speaker utama. Termasuk Fortunernya ini.
Sistem yang diaplikasikan yaitu :

Owner

Head Unit
Head unit yang tergolng canggih ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang modern. Kemapuan mirrorlink ke Android ataupun iPhone sudah ada. Kemudian GPS, layar touch screen dengan ukuran 7”. Untuk audio ekualiser 13 band dan time alignment juga sudah ada. Tapi itu memang tidak digunakan untuk sistem advance yang dipakai di mobil ini. Hanya output yang memiliki voltage tinggi yang dirasakan berguna. HU ini memiliki output RCA nya hingga 5 Volt, yang memungkinkan sinyal suara bisa merambat dengan baik dan sangat minim distorsi.

HU

Prosesor
Untuk mengimbangi sistem yang baik, perlu kehadiran prosesor yang handal. Prosesor Mosconi 6to8 ini merupakan yang terbaik di kelasnya. Memiliki AD dan DA yang di atas rata-rata, sehingga resolusi suara-pun meningkat. Belum lagi kemampuannya menerima input hingga 8 Volt dari head unit. Dan yang terpenting adalah pengaturan time aligment dan ekualiser secara independen untuk 8 kanal outputnya

Processor

Power Amplifier
Pada sistem ini dipasang dua power amplifier. Keduanya dari merek sama yaitu Flux Evo, hanya yang satu bertenaga 100 watt x 4 kanal dan satu lagi 150 watt x 4 kanal. Tujuannya supaya dapat memberikan tenaga yang lebih proporsianal untuk semua driver yang digunakan. Amplifier  100 Watt, untuk tweeter dan midrange, sedang yang 150 Watt untuk midbass dan subwoofernya. Dengan demikian kontrol untuk midbass dan subwoofer dapat lebih baik dengna power yang lebih besar.

Amplifier

Speaker 3 way
Sistem yang tergolong advance ini, dilengkapi dengan speaker yang sepadan. Flux RC yang dipasangan secara full aktif dipasang pada kabin depan. Tanggapan frekuensinya lengkap, suara yang natural dengan tenaga yang mantap.

Frontsystem

Sedikit berbeda dengan mobil-mobil lain yang kami dengar, Fortuner ini dirancang untuk memiliki suara yang lebih dahsayat dan berbobot di banding umumnya. Hentakan bass nya begitu terasa, namun yang istimewa semua suara tetap terdengar dengan baik dengan detail yang sempurna.

Subwoofer

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.