Amoplusmagz
Standart Car Serious Sound Standart Car Serious Sound
Mungkin “ya” bagi beberapa kalangan, mungkin juga “ya” karena terpaksa, mungkin “ya” karena belum mendengar suara yang lebih “Bagus”. Standart Car Serious Sound

Audio standar CRV bagus?

Mungkin “ya” bagi beberapa kalangan, mungkin juga “ya” karena terpaksa, mungkin “ya” karena belum mendengar suara yang lebih “bagus”. Bagi yang sudah tahu apalagi yang sudah terbiasa dengan suara yang bagus, tampaknya suara yang dihasilkan perangkat audio standar tidak akan ada yang memenuhi syarat.

Begitu pula dengan Adhi, pemilik dari New CRV ini. Audio standar semuanya dipensiunkan. Bahkan baterai-pun di ganti dengan yang lebih berkualitas. Stinger SPV 1500 DCR kini sudah terpasang dengan rapih di dalam kompartemen mesin menggantikan standarnya. Penggantian ini bukan tanpa alasan, kelistrikan untuk audio yang baik memerlukan supply daya yang baik juga. Jangan sampai karena baterai yang kurang baik, kebutuhan listrik untuk audio jadi berkurang. Baterai ini meski ukurannya sama dengan baterai 65AH biasa tapi CCA nya hingga 825A. Mungkin sampai saat ini adalah yang terbesar untuk ukuran tersebut. Kemudian hambatan dalamnya yang rendah hanya 3 mOhm saja. Jadi pasti lebih tidak membebani alternator kendaraan.

Kemudian yang dibenahi, eh…bukan… “diganti” adalah seluruh perangkat audio yang digunakan.

Head Unit
Standar untuk CRV HU nya sebetulnya sudah tergolong bagus dan canggih. Tapi tetap, kurang memenuhi selera. Alpine IVA-W520. HU ini terkenal dan terbukti mempunyai kualitas yang baik layar 7” dengan Chip Burr-Brown 24 Bit. Lebih dari cukup untuk sebuah sumber suara.

Dua Power Amplifier
Apa amplifier yang cocok untuk suara yang diinginkan Adhi? Dua power kelas AB. Satu Mc Intosh untuk speaker depan dan satu lagi Genesis Dual Mono untuk mendrive subwoofer. Ada pendapat untuk subwoofer lebih bertenaga menggunakan monoblok kelas D, tapi untuk mendapatkan kontrol dan kehalusan suara Class AB lebih dipilih.

D’Appolito
Meski terlihat cukup besar, model d’Appolito dipercaya oleh Adhi untuk mendapatkan suara yang di inginkan. Tweeter yang diapit midrange menghasilkan suara yang lebih “lengkap”. Meski besar dan sedikit mengganggu pandangan, tapi sebanding dengan suara yang dihasilkan.

Single Subwoofer
Untuk sebuah sistem SQ, banyak yang mengaplikasikan satu buah subwoofer. Di CRV ini pun demikian, satu subwoofer pada box sealed. Cukup terasa dan mempunyai kontrol suara yang baik.

Beberapa “aksesoris” pendukung lain yang digunakan yaitu kabel Belden ukuran 16AWG dan plug merek WBT. Meski kelihatannya tak seberapa, tapi dua komponen ini mempunyai sumbangan terhadap karakter suara yang diinginkan. Yang pasti meski luar standar, suara tidak boleh standar.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.