Amoplusmagz
SQL Dengan Mode Lebih Simple SQL Dengan Mode Lebih Simple
Amoplus Magazine - Sejauh ini SQL dikenal sebagai salah satu aliran sistem pada audio mobil. Secara sederhana aliran ini dapat juga diartikan sebagai audio... SQL Dengan Mode Lebih Simple

Andalkan speaker coaxial, aplikasi sistem SQL menjadi lebih simple

Amoplus Magazine – Sejauh ini SQL dikenal sebagai salah satu aliran sistem pada audio mobil. Secara sederhana aliran ini dapat juga diartikan sebagai audio mobil yang dapat diputar secara kencang namun kualitas suaranya tetap terjaga. Sebagian besar mobil-mobil beraliran SQL tampil lebih eye catching berkat beragam rombakan yang diaplikasikan di dalamnya. Selain penggunaan perangkat yang lebih banyak, biasanya kosmetik yang diterapkan pun membuatnya tampil lebih menarik. Seperti halnya diterapkan pada BRV yang kami tampilkan pada bahasan kali ini.

Extreme-Car-Audio-BRV-FrontSystem

Salah satu kesulitan dalam pembangunan sistem SQL biasanya terletak pada proses setting suaranya. Karena perangkat yang digunakan lebih banyak, jadi otomatis dalam hal setting suaranya pun lebih sulit. Setiap perangkat yang terpasang (khususnya speaker) tentunya harus disetting satu per satu agar semuanya bisa padu. Jadi artinya semakin banyak speaker yang digunakan akan semakin naik tingkat kesulitan dalam hal setting suaranya.

Extreme-Car-Audio-BRV-Tweeter

Mensiasati hal tersebut pada BRV ini untuk peghasil tonalnya (bagian belakang) mengandalkan speaker coaxial. Speaker jenis ini memang memiliki rentang frekuensi yang cukup lebar. Dlam arti lain, meski hanya dengan satu perangkat speaker jenis ini bisa berperan sebagai penghasil suara low sampai ke high.

Extreme-Car-Audio-BRV-Midrange-Tweeter
Extreme-Car-Audio-BRV-Amplifier-Subwoofer

Speaker coaxial pada BRV ini dipasangkan sebanyak 2 set, semuanya di bagian belakang. Untuk tambahannya ada juga 1 set speaker split 2way Venom di bagian ini. Dengan menggunakan coaxial sebagai penghasil tonal, maka seperti yang dapat kita lihat, dari segi tatanannya pun sudah terlihat lebih simple. Begitupun untuk proses seting suaranya.

Selain speaker split dan coaxial, di bagian belakang BRV ini juga tertanam 2 buah subwoofer dari Venom. Keduanya bertempat dalam box ported. Kedua subwoofer tersebut digerakan oleh satu amplifier monoblok Venom seri Intelligent VI5000.

Untuk penghasil suara di kabin depan dipasangkan satu set speaker 3way dari Venom. Meski genre yang dianut adalah SQL, pemasangan speaker depan tetap dirasa perlu, mengingat untuk keseharian speaker inilah yang akan lebih banyak berperan menghibur pemiliknya.

Extreme-Car-Audio-BRV-Rearsystem

Speaker coaxial serta speaker split yang terpasang di BRV ini seluruhnya digerakan oleh dua amplifier 4 kanal dari Venom. Sedangkan untuk proses setting suaranya dilakukan melalui prosesor Venom Pandora VPR1 MKII.

Extreme-Car-Audio-BRV-Processor
Extreme-Car-Audio-BRV-Power-Amplifier

Dengan komposisi seperti ini sistem SQL yang diterapkan jauh terlihat lebih simple. Enak dilihat, dan untuk hasil suara juga tentunya bersahabat dengan telinga.

Extreme-Car-Audio-BRV
Extreme-Car-Audio-BRV-SKEMA

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 18 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.