Amoplusmagz
“SQL Anakan” “SQL Anakan”
Amoplus Magazine - Sosok CRV ini pertama kali kami temukan di bilangan Cikarang, Jawa Barat. Saat itu ia sedang diikut sertakan dalam sebuah kontes... “SQL Anakan”

Tetap low profile meski sudah banyak prestasi gemilang diraihnya

Amoplus Magazine – Sosok CRV ini pertama kali kami temukan di bilangan Cikarang, Jawa Barat. Saat itu ia sedang diikut sertakan dalam sebuah kontes audio oleh si empunya. Kali kedua kami bertemu, lagi-lagi sosoknya sedang menjadi salah satu peserta dalam kontes audio, namun pada kali kedua kami menemukannya di kawasan Alam Sutera, Tangerang Selatan.

Pada pertemuan yang kedua kalinya ini kami berhasil bertemu dengan pemiliknya. Ia menceritakan panjang lebar mengenai mobilnya ini. Pada beberapa kontes yang diikuti mobil ini berhasil mendulang prestasi yang terbilang membanggakan.

Sang pemilik memberi tema pada konsep rombakan dimobilnya ini “SQL Anakan”. tuturnya maksud dari anakan adalah pemula. Bila melihat dari sistemnya sih sebetulnya tak bisa dikatakan sebagai pemula juga yah. Apa lagi bila sudah melihat sederet prestasi yang telah diraihnya.

CRV-Perisai-Audio-Tweeter-Midrange

Sistem yang diterapkan pada CRV ini adalah SQL. Kebetulan Honda CRV ini memiliki space bagasi yang agak besar, jadi sang installatur dapat lebih leluasa dalam menerapkan perangkat demi perangkat di bagian belakang mobil ini. Seluruh perangkat audio yang ditambahkan ditempatkan di area bagasi. Artinya tak sampai mengganggu area tengah apa lagi area depan. Tak ada bangku yang dikorbankan pada perombakan sistem audio di mobil ini.

CRV-Perisai-Audio-HU

Mengenai perangkat, yang diaplikasikan pada mobil ini terdiri dari beberapa macam brand. Semua dikolaborasikan menjadi satu sistem SQL yang utuh. Formasinya sendiri tak jauh berbeda dari sistem – sistem SQL pada umumnya, mayoritas perangkat diaplikasikan di area belakang.

Di area belakang tertanam tiga pasang midbass dan dua pasang tweeter. Box midbass dibuat menggunakan port di bagian bawahnya. Dengan begitu suara yang dihasilkan bisa terdengar lebih bertenaga. Untuk penyembur bass utamanya ada dua subwoofer Momentum yang dipasangkan di bagian belakang. Sama halnya dengan midbass, box subwoofer pun dibuat dengan sistem ported. Keunggulan dari jenis porten ini adalah ia mampu mencetak angka SPL yang tinggi. Dan pada kontes-kontes SQL angka tersebut sangat menentukan, karena berhubungan langsung dengan point.

Meski sistemnya terlihat ekstrim, tapi sang pemilik mengatakan bahwa sejatinya mobilnya ini masih merupakan mobil harian. Artinya mobil tersebut masih ia pergunakan kesana kemari sebagai penunjang aktivitasnya. Dan meskipun sudah banyak prestasi yang diraih, sang pemilik tetap menunjukan sikap low profile-nya. Ia mengaku masih perlu banyak belajar dari para senior guna menciptakan sebuah sistem yang lebih baik lagi.

CRV-Perisai-Audio

CRV-Perisai-Audio-Skema

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.