Amoplusmagz
SQ On All New Innova SQ On All New Innova
Amoplus Magazine - Merombak sistem audio di mobil baru bukanlah perkara mudah. Pasalnya untuk membentuk sistem yang baik tentu kita harus mengenali terlebih dahulu... SQ On All New Innova

Perombakan sistem audio di mobil “baru”

Amoplus Magazine – Merombak sistem audio di mobil baru bukanlah perkara mudah. Pasalnya untuk membentuk sistem yang baik tentu kita harus mengenali terlebih dahulu karakteristik si mobil. Pengenalan karakter diperlukan agar kita mengetahui treatment apa saja yang harus dilakukan. Seperti halnya memperbaiki sektor akustik, menentukan placement perangkat, hingga memodifikasi beberapa bagian pada mobil.

Sekarang ini pengguna All New Innova sudah terlihat mulai ramai. Namun yang mencoba untuk merombak audionya baru segelintir. Salah satunya adalah Johan, pemilik All New Kijang Innova Hitam ini. Alasan ia merombak audio di mobil ini karena memang ia memiliki hobi di audio. Ia memerlukan sistem yang mumpuni untuk menemaninya dalam berktivitas sehari-hari. Karena hal itu beberapa saat setelah mobil ini turun dari dealer ia langsung menggiringnya ke workshop Mega Audio untuk dibenahi audionya.

INNOVA-MA-HeadUnit

Sistem yang diaplikasikan lebih condong mengarah ke SQ untuk harian. Tapi setelah berbicara panjang lebar dengan sang pemilik, nampaknya suatu saat dirinya ada juga niatan untuk mengikut sertakan mobilnya tersebut dalam sebuah kompetisi. Karena hal itu meskipun untuk penggunaan harian, ia tak mau tanggung-tanggung dalam membenahi audio di mobilnya. Agar suatu saat diturunkan dalam kompetisi mobilnya tersebut telah siap.

INNOVA-MA-Tweeter

Positioning Speaker Depan

Mensiasati bentuk dashboard yang lebih banyak bergelombang, sang installer menempatkan speaker depan pada mobil ini dengan posisi offaxis. Speaker yang digunakan pada bagian depan adalah kombinasi 3 way dari Focal Beryllium dan Flux Reference. Midrange dan tweeter diposisikan mengarah satu titik agak keatas. Tujuannya supaya fokus suara lebih mudah untuk diatur.

INNOVA-MA-FrontSystem

Prosesor & Amplifier

Seperti yang dapat kita lihat, di bagian belakang terdapat prosesor Alpine PXA-H800 dan amplifier Mosconi Zero 4 yang diletakan berdampingan. Perangkat-perangkat tersebut mengemban tugasnya masing-masing dalam sistem audio di mobil ini. Prosesor Alpine diplot sebagai perangkat pengolah suara. Sedangkan untuk dua amplifier Mosconi ditugaskan sebagai penggerak speakernya.

INNOVA-MA-RearSystem

Dari susunan perangkat yang digunakan, kita tentu dapat mengetahui seberapa serius pemilik mobil inimendandani mobilnya. Pada kenyataannya meskipun ide awalnya mobil tersebut hanya untuk penggunaan harian, tapi sang pemilik tak ingin sistem yang diaplikasikan di dalamnya terkesan biasa-biasa saja. Terlebih jika suatu saat dirinya ada keinginan untuk mengikut sertakan mobil tersebut dalam sebuah kontes. Tentu sistem yang diterapkan harus benar-benar mumpuni. Agar hasil yang diraih tidak mengecewakan. Dengan seperti ini sang pemilik dapat tetap bergelut dengan hobinya di audio. Sambil menunggu waktu yang tepat untuk menurunkan mobilnya tersebut di ranah kompetisi.

INNOVA-MA

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.