Amoplusmagz
SPL Specialist SPL Specialist
Mobil ini dibangun oleh workshop DSP Audio Stereo Depok. Ketimbang sebagai mobil harian, sosoknya lebih cocok disebut sebagai mobil tempur audio sebetulnya. Lihat saja... SPL Specialist

Xenia ini lebih pas disebut sebagai mobil tempur SPL ketimbang dengan mobil harian

Amoplus Magazine – Pada gelaran Final USACI 2017/2018 lalu sosok Xenia ini sempat menjadi salah satu bintangnya. Pada kontes tersebut ia berhasil menempati podium ketiga, hanya terput beberapa point saja dari pesaing diatasnya.

Mobil ini dibangun oleh workshop DSP Audio Stereo Depok. Ketimbang sebagai mobil harian, sosoknya lebih cocok disebut sebagai mobil tempur audio sebetulnya. Lihat saja penampakan di bagian dalamnya, semua yang terpasang memang khusus dibangun untuk bertarung di kancah kontes SPL.

Bila ada yang masih bertanya-tanya kenapa konsepnya hanya seperti ini saja, ya memang seperti inilah mobil SPL. Di dunia SPL yang dipertarungkan hanyalah besaran dB. Artinya sejauh mana sistem di mobil tersebut dapat mencetak akngka dB yang setinggi-tingginya. Biasanya perangkat yang menjadi andalan hanyalah subwoofer dan amplifier saja, tinggal bagaimana cara sang installer meracik dan mensiasati sistem tersebut agar mampu mencetak dB yang tinggi. Tak jarang para installer juga turut menambahkan “bumbu” lainnya pada sistem guna mendapat performa yang lebih baik.

Pada Xenia ini perangkat yang menjadi adalan adalah dua buah subwoofer Momentum. Ia ditaruh dalam box berjenis ported di bagian belakang. ukuran box-nya sendiri terbilang cukup besar, mengingat kubikasi yang diperlukan oleh subwoofer ini pun memang besar. Karenanya untuk menempatkan kedua subwoofer ini sang pemilik sampai harus merelakan dua baris bangku belakang pada mobilnya ini hilang.

Sebagai penguat suara, satu unit amplifier monoblok berlabel Concept diaplikasikan pada Xenia ini. Ia mengemban tugas sebagai penggerak dua subwoofer Momentum yang kami bahas tadi.

Mengingat ini merupaka  mobil SPL, peredaman dirasa perlu untuk membuat bodi mobil lebih rigid. Karena itu pada Xenia ini peredaman dilakukan di hampir sekujur tubuhnya. Peredam yang digunakan merupakan peredam yang dirilis oleh Autofun.

Beberapa kali Xenia ini sempat diikut sertakan dalam ajang kontes audio SPL. Sejumlah trophy pun telah berhasil dibawanya pulang. Saat dikonfirmasi mengenai rencna kedepan sang installer mengungkapkan keinginannya untuk terus berkompetisi di ranah SPL. “Mengingat belakangan ini SPL sudah mulai ramai lagi jadi saya berharap antusias para pemainnya akan semakin meningkat, karena semakin banyak yang terlibat aroma persaingan pastinya akan terasa lebih seru dan menantang”, ujar Dedy, Installer DSP Audio Stereo yang menangani Xenia hitam ini.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.