Amoplusmagz
Speaker ARC Speaker ARC
Jakarta, amoplusmagz.com - Dalam membangun sistem tata suara audio mobil memang diperlukan driver yang mampu menrepresentasikan karakter suara dengan jangkauan frekuensi audible sebagai standarnya,... Speaker ARC

Speaker ARC

“Berkolaborasi Membentuk Sistem Speaker 3-Way.”

Jakarta, amoplusmagz.com – Dalam membangun sistem tata suara audio mobil memang diperlukan driver yang mampu menrepresentasikan karakter suara dengan jangkauan frekuensi audible sebagai standarnya, sehingga didapat hasil suara yang optimal.

Pada review kali ini, AmoPlus ingin melakukan unboxing sekaligus menjajal sistem speaker buatan ARC Audio yang kami dapati dalam tiga kotak terpisah, dimana setiap kotaknya terdapat sepasang driver yang dikemas secara rapi. Pada kotak berukuran paling besar, terdapat sepasang driver midbas ARC RS6.0, yang berukuran sedang ada sepasang driver midrange ARC RS4.0, dan kotak paling kecil terdapat sepasang tweeter ARC RS1.0.

Dari ketiga driver di atas, ARC tidak mengemas dalam satu paket, sehingga pengguna dapat melakukan kombinasi secara independen, tentunya sesuai dengan kebutuhan. Bahkan speaker-speaker tersebut tidak dilengkapi dengan crossover pasif, ini juga menjadi salah satu keleluasaan para Instaler untuk dapat melakukan konfigurasi menggunakan crossover aktif maupun pasif eksternal.

Dari penampilannya, konstruksi driver midbas dan midrange dirancang senada, terutama dari desain konusnya yang dibuat dari bahan papyrus paper dengan dustcap cukup unik, membentuk motif bintang. Begitu juga dengan konstruksi basketnya terkesan kokoh, karena menggunakan aluminium cor diimbangi dengan magnet besar. Ini juga berlaku pada tweeternya yang terlihat elegan karena dibalut housing aluminium cor dengan pelindung gril yang kokoh.

Pada pengujian jajaran speaker ARC, kami gunakan beberapa perangkat bantu, seperti untuk headunit menggunakan Pioneer DMH-Z6350BT yang diteruskan pada prosesor DSP keluaran Venom seri VPR 4.6 MKII serta amplifier Venom Inferno yang kami konfigurasi dengan sistem crossover aktif membentuk sistem 3-way, walau secara pembagian frekuensi memang terasa kurang komplit, karena antara midrange dan tweeter memiliki spesifikasi respon frekuensi yang ada jarak, sehingga ada celah titik potong frekuensi yang dicoba untuk mendekati.

Memang akan lebih optimal jika kami dikirim satu driver lagi, yaitu midrange ARC seri RS3.0 yang tentunya dapat menutup celah frekuensi antara 100 Hz – 10 kHz, dan secara keseluruhan membentuk sistem speaker 4-way.

Namun dengan konfigurasi speaker yang ada, kami tetap mencoba untuk memutarkan beberapa musik Audiophile Series, dan hasilnya ternyata memang jajaran speaker besutan ARC Audio tetap mampu menghadirkan nuansa musik secara elegan, walau karakter vokal cukup terbantu dengan driver midbas yang ternyata diluar ekspetasi kami, sehingga mampu menutup celah frekuensi mid, dimana karakter vokal tetap terdengar bersih, bahkan secara keseluruhan sajian musikalitas dapat ditampilkan cukup rapi, apalagi karakter midbas yang dinamis dapat mengimbangi alunan musik dengan baik.

Spesifikasi :

ARC RS6.0                ARC RS4.0                ARC RS1.0

Speaker Size 6.5″
Power Handling (Peak)           200 Watts                    150 Watts                    80 Watts
Power Handling (RMS)          80 Watts                      75 Watts                      80 Watts
Frequency Response               50Hz – 9,5kHz            90Hz – 11,5kHz          2,2kHz – 22kHz
Sensitivity                               91,5dB                                    91dB                           92,5dB
Impedance                              4 ohms                         4 ohms                         4 ohms
Mounting Depth                     2.75″                            1.94″                            1,055″
Cutout Diameter                     5,812″                          4,03″                            1,613″

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + sixteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.