Amoplusmagz
Space minim, optimalkan perangkatnya ! Space minim, optimalkan perangkatnya !
Kami menemukan Yaris putih ini di kota Surabaya beberapa waktu lalu. Saat itu sosoknya sedang turun dalam sebuah ajang kontes audio mobil. Dari kejauhan... Space minim, optimalkan perangkatnya !

“Space minim bukan kendala untuk menciptakan sistem SQL yang mumpuni”

Amoplus Magazine – Yaris merupakan salah satu mobil berjenis hatchback yang dirilis oleh Toyota. Hatchback sendiri sejatinya didesain sebagai mobil perkotaan yang mampu bergerak lincah ditengah padatnya lalu lintas. Sebagian besar mobil jenis ini punya tampilan yang sporty. Seiring berjalannya waktu nyatanya banyak modifikator tertarik untuk memberikan sentuhan modifikasi pada mobil jenis ini, tak terkecuali pada bagian audionya.

Salah satu yang sering dikeluhkan oleh para installer ketika merombak mobil hatchback adalah kendala space yang minim. Untuk membangun sistem SQL biasanya membutuhkan space yang lebih besar untuk menampung banyak perangkat. Namun apa jadinya bila sistem tersebut diaplikasikan pada mobil dengan space yang tidak terlalu besar ?

Kami menemukan Yaris putih ini di kota Surabaya beberapa waktu lalu. Saat itu sosoknya sedang turun dalam sebuah ajang kontes audio mobil. Dari kejauhan suaranya cukup menarik perhatian kami. Saat didekati ternyata sistem yang terpasang memang mumpuni. Tak banyak perangkat yang diaplikasikan namun setiap lini diisi oleh perangkat yang memiliki kualitas baik.

Tempat head unit diisi oleh perangkat double din keluaran Alpine. Selaras dengan head unit, untuk perangkat pengolah suara pun masih dipercayakan pada Alpine seri PXA H800.

Meski sistem yang dianut adalah SQL, pemasangan speaker 3way di kabin depan tetap dirasa perlu. Karena ketika dalam perjalanan speaker pada bagian inilah yang menjadi andalan sebagai sarana hiburan bagi pengemudi. Speaker di balakang semata-mata hanya diperuntukan untuk kontes atau untuk show off saja.

Satu set speaker 2way kombinasi dari midbass Digital Design dan tweeter MST terpasang di bagian belakang. Keduanya diplot sebagai penghasil tonal. Sementara itu untuk mempertebal suara di frekuensi bawah, tepat di trim pintu tengah dipasangkan midwoofer tambahan dengan ukuran yang sedikit lebih besar.

Selain speaker split, di bagian belakang juga kita akan menemukan penampakan dua buah subwoofer Atomic yang tertanam dalam box ported. Subwoofer ini diposisikan menghadap ke arah atas, selaras dengan port yang dibuat. Posisi seperti ini disesuaikan dengan perhitungan yang telah dibuat sebelumnya oleh sang installer. Mengenai proses perombakan, seluruh yang sistem audio yang terpasang pada Yaris putih ini dikerjakan oleh workshop Sinar Abadi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.