Amoplusmagz
Sound Quality in Family Car Sound Quality in Family Car
Biante ini kami temukan di kota Surabaya, Jawa Timur. Dari luar tampangnya memang terlihat biasa-biasa saja, terlebih sang pemilik memang tak melakukan ubahan apapun... Sound Quality in Family Car

Pengaplikasian sistem audio bergenre sound quality di mobil keluarga

Amoplus Magazine – Di Indonesia mobil-mobil MPV seperti Mazda Biante ini sering kali disebut-sebut sebagai mobil keluarga. Kabin luas serta tingkat kenyamanan yang lebih tinggi membuatnya banyak diminati kalangan keluarga. Sebagian besar pemilik mobil sejenis ini biasanya membiarkannya tetap dalam kondisi standard. Namun tak sedikit juga yang melakukan ubahan pada beberapa bagian, seperti yang kami temukan saat ini.

Biante ini kami temukan di kota Surabaya, Jawa Timur. Dari luar tampangnya memang terlihat biasa-biasa saja, terlebih sang pemilik memang tak melakukan ubahan apapun pada sektor eksterior. Rombakan lebih difokuskan ke area dalam, atau lebih tepatnya hanya di sektor audionya saja. Hal yang melatar belakangi perombakan audio di mobil ini adalah demi membuatnya setingkat lebih nyaman lagi saat digunakan berkendara.

Sistem yang dianut untuk audio di mobil ini lebih condong ke arah SQ. Proses perombakannya dilakukan oleh workshop Audiophile Surabaya. Untuk lebih jelas mengenai apa saja yang terpasang di bagian dalam, yuk langsung saja simak bahasannya secara lebih rinci sebagai berikut.

Posisi main source dikendalikan oleh head unit Bewith MM1D. Head unit ini merupakan salah satu source tercanggih yang beredar di pasar Indonesia. Dibandingkan dengan sebuah head unit bentuknya lebih mirip dengan kaca spion. Meski begitu kinerjanya dalam mereproduksi suara bisa dikatakan sangat baik. Karenanya pada kompetisi-kompetisi audio mobil saat ini perangkat ini sering kali jadi andalan sebagai pemutar file audio.

Beralih ke bagian speaker. Di kabin depan terpasang satu set speaker 3way lansiran Micro Precision Z Studio. Penempatan dilakukan seperti biasa, midbass di trim pintu, sementara midrange dan tweeter di plot di pilar A. Satu subwoofer Flux ditambahkan di bagian belakang, bersarang dalam box sealed.

Sebagai penguat daya untuk mendrive speaker-speaker yang terpasang sang installer mempercayakannya pada dua buah amplifier Mosconi. Dua amplifier tersebut masing-masing adalah seri Zero 4 dan Zero 3.

Satu lagu produk dari Mosconi yang diaplikasikan pada sistem audio di mobil ini adalah prosesor. Adalah Mosconi 8to12 yang mendapatkan kepercayaan sebagai pengolah suara di mobil ini. Sejatinya prosesor ini dikenal memiliki kinerja yang baik dalam hal pengolahan suara. Selain fitur mumpuni, ia juga punya karakter suara yang banyak disukai oleh kalangan pecinta car audio.

Selain yang kami sebutkan di atas, sebetulnya di bagian belakang mobil ini masih terpasang satu set speaker split. Namun yang tertanam di bagian ini sifatnya hanya optional saja. Settingan dapat dipilih melalui kontroler prosesor Mosconi yang terpasang di area kemudi. Artinya dalam hal ini settingan suara dapat dirubah-rubah sesuai dengan selera dan kebutuhan sang pemilik.

Secara keseluruhan, proses installasi yang dilakukan dengan baik. Semua yang terpasang berhasil ditempatkan dengan rapih. Meski ada beberapa scpace termakan tapi hal tersebut tak sampai mengurangi kenyamanan yang sudah terlebih dahulu disajikan oleh mobil ini.

Secara suara, pastinya bila coba mendengarkan secara langsung sobat akan dibuat sangat nyaman saat berada di kursi kemudi. Saat music diputar, alunan suara yang tersaji benar-benar terasa seperti live. Hal ini tentunya menambah tingkat kenyamanan saat berada di area kabin. Dengan seperti ini suasana dalam mobil akan terasa lebih menyenangkan berkat sarana hiburan yang mumpuni.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.