Amoplusmagz
Sistem Yang Ekstrim Untuk Sekedar Mobil Harian Sistem Yang Ekstrim Untuk Sekedar Mobil Harian
Amoplus Magazine - CRV ini merupakan salah satu mobil yang audionya ditangani langsung oleh Mobiltronik Surabaya. Workshop yang digawangi Ricky ini memang sudah cukup... Sistem Yang Ekstrim Untuk Sekedar Mobil Harian

Meski hanya untuk konsumsi harian, tapi installasi audio di mobil ini dilakukan secara serius.

Amoplus Magazine – CRV ini merupakan salah satu mobil yang audionya ditangani langsung oleh Mobiltronik Surabaya. Workshop yang digawangi Ricky ini memang sudah cukup lama berkecimpung di dunia peraudio mobilan tanah air. Segudang prestasi telah mampu ditorehkannya, baik di lingkup nasional maupun internasional. Hal tersebut membuatnya kini banyak dikenal dikalangan pecinta car audio tanah air. Tak heran bilamana workshopnya selalu ramai oleh orang-orang yang ingin memodifikasi audio moblnya.

Audio di CRV ini sebetulnya hanya diperuntukan untuk konsumsi harian saja. Kebetulan pemiliknya merupakan seorang penghobi audio. Meski hanya untuk harian pemiliknya tak ingin sistem yang terpasang terkesan biasa-biasa saja. Ia mendambakan sebuah sistem yang mumpuni. Karena itu ia berujar kepada tim yang menggarap agar melakukan yang terbaik untuk CRV miliknya ini.

CRV-Mobiltronik-Sby-6
CRV-Mobiltronik-Sby-5

Slot head unit pada CRV ini ditempati oleh perangkat dari Alpine. Seri yang digunakan adalah IVA-W520E. Head unit keluaran Alpine yang satu ini termasuk yang paling laris di pasaran. Selain fitur yang mumpuni, perangkat yang satu ini juga memiliki bentuk fisik yang terbilang enak dipandang. Karenanya banyak pecinta audio yang menyukai sosoknya.

CRV-Mobiltronik-Sby-3

Selain head unit, perangkat lansiran Alpine lainnya yang juga turut digunakan pada sistem audio di mobil ini adalah prosesor PXA-H800. Perangkat satu ini diberikan tugas untuk mengolah output suara dari sistem audio yang terpasang. Di mobil ini ia ditempatkan di bagian belakang, atau tepat di samping amplifier.

CRV-Mobiltronik-Sby-4

Bicara soal amplifier, untuk menggerakan speaker-speaker yang terpasang, ada dua amplifier yang diaplikasikan di mobil ini. Keduanya adalah amplifier Bevalor C6 dan Bevalor IM1000. Untuk Bevalor C6 ditugaskan untuk mendrive speaker 3way depan secara aktif. Sedangkan untuk monoblok IM1000 untuk menghidupkan subwoofer.

CRV-Mobiltronik-Sby-2

Untuk speaker, yang digunakan di mobil ini seluruhnya adalah lansiran Focal seri Beryllium. Dari mulai speaker split depan sampai ke subwoofer yang terpasang di bagian belakang. Untuk urusan suara, perangkat-perangkat tersebut memang dinilai memiliki reproduksi yang baik. Karenanya ia banyak diandalkan di arena-arena kontes audio mobil.

CRV-Mobiltronik-Sby-1

Secara keseluruhan, skema yang diterapkan nampak sedikit ekstrim. Bahkan untuk penempatan speaker depan, ada bagian doortrim yang sampai dirombak untuk penempatan midbass. Hal tersebut semata-mata dilakukan supaya sistemnya bekerja optimal. Dengan begitu suara yang dihasilkan pun akan terdengar lebih enak di telinga.

CRV-Mobiltronik-Sby
Skema

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.