Amoplusmagz
Sistem Harian Yang Siap Berkompetisi Sistem Harian Yang Siap Berkompetisi
Vitara ini sejatinya memang merupakan mobil yang dipersiapkan untuk kompetisi. Tiap detail installasinya disesuaikan dengan kaidah kompetisi. Sistem Harian Yang Siap Berkompetisi

Mobil harian tak selamanya akan digunakan untuk aktivitas harian. Adakalanya sang pemilik ingin mencicipi suasana kompetisi. Karenanya tak ada salahnya bila mobil harian juga dibuat sesuai dengan standard kompetisi.

Kebanyakan para pemilik mobil yang mobilnya masih digunakan untuk aktivitas harian akan merasa enggan untuk merubah-rubah tampilan mobilnya. Termasuk untuk merombak sektor audionya. Hal itu dianggap akan sedikit mengurangi fungsi yang dimiliki mobil tersebut. Dengan adanya perangkat audio yang ditanamkan otomatis ada area yang harus dikorbankan untuk penempatannya. Hal inilah yang biasanya membuat para pecinta car audio membedakan antara mobil yang digunakannya untuk harian dan mobil untuk kontes.

Vitara ini sejatinya memang merupakan mobil yang dipersiapkan untuk kompetisi. Tiap detail installasinya disesuaikan dengan kaidah kompetisi. Namun dibalik itu semua mobil ini juga tetap digunakan pemiliknya sebagai mobil harian. Sang pemilik menginginkan sistem audio yang telah dibangunnya dengan susah payah tetap dapat dinikmatinya setiap hari tanpa mengganggu fungsi harian dari mobilnya tersebut. Menurutnya apalah arti bila sistem yang telah dibuat dengan sungguh-sungguh bila tak bisa dinikmati setiap saat. Karena itulah pada mobilnya ini ia menerapkan tema harian yang siap kompetisi.

Speaker depan

Penggunaan speaker depan pada mobil-mobil kelas kompetisi biasanya mengandalkan komposisi 3 way. Alasannya sederhana, dengan komposisi seperti ini mereka dapat lebih mudah membagi tonal di tiap driver yang terpasang. Namun tidak dengan mobil ini. Tugas midrange dan tweeter pada sistem audio di mobil ini digantikan oleh speaker fullrange Reverb F2BE. Ia bermain di area frekuensi midrange dan tweeter. Dari segi penempatan, penggunaan fullrange ini jelas menghemat slot penempatan. Jadi yang biasanya di pilar A terdapat dua pasang driver yang ditempatkan, kini hanya ada sepasang fullrange saja.

Area kosong di bagian belakang mobil ini digunakan untuk menempatkan subwoofer ARC dan beberapa perangkat audio lainnya. Diantaranya seperti dua amplifier dan dua kapasitor.  Keseluruhannya ditata dengan rapi sehingga area ini tidak nampak terlalu sempit oleh perangkat audio.  Sementara itu di bagian depan head unit standard bawaan mobil kini posisinya telah digantikan oleh Alpine 9861.

Pada dasarnya mobil ini merupakan mobil harian yang juga disiapkan untuk mengikuti kontes car audio. Karena itu beberapa treatment pun turut dilakukan agar semua driver yang terpasang dapat bekerja dengan baik dalam menghasilkan sound quality. Dengan seperti ini tak hanya ketika kontes saja sang pemilik dapat menikmati hasil karyanya ini, namun dalam kesehariannya pun ia tetap dapat menikmatinya.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + fifteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.