Amoplusmagz
Sistem Audio Bertemakan Street Racing Sistem Audio Bertemakan Street Racing
Menyelaraskan antara sistem yang hendak diterapkan dengan mobil yang akan menggendongnya. Sistem Audio Bertemakan Street Racing

Menyelaraskan antara sistem yang hendak diterapkan dengan mobil yang akan menggendongnya.

Seperti telah diketahui, Toyota FT-86 merupakan salah satu mobil yang memiliki tampang sporty. Tampilannya yang terbilang enak dilihat membuat siapapun yang memilikinya tergiur untuk merombak lini demi lini yang ada pada mobil ini. Pada dasarnya dengan hanya tampil standard saja sebetulnya mobil ini sudah tampil keren. Apalagi bila para pemiliknya berinisiatif untuk “memolesnya” kembali. Hampir dapat dipastikan siapapun yang melihat akan tertarik untuk memilikinya.

Seperti tampak pada FT-86 yang beberapa waktu lalu kami temui. Hampir di setiap lini yang ada pada mobil ini telah dimodifikasi. Baik itu dari mesin, tampilan luar, tampilan dalam, juga audionya. Untuk kali ini mungkin kami tidak akan berbicara terlalu banyak mengenai modifikasi mesin, interior ataupun exteriornya. Tapi yang akan kami bahas adalah mengenai sistem audio yang diterapkan didalamnya. Kira-kira seperti apa konsep yang cocok utuk diaplikasikan pada mobil jenis ini.

Head unit
Slot head unit pada mobil ini ditempati oleh Pioneer AVH-X8650BT. Selain fitur yang memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya, Head unit ini juga memiliki fitur untuk mengolah suara seperti time alignment dan ekualizer.

Amplifier
Speaker yang diaplikasikan pada mobil ini keseluruhannya didrive oleh tiga amplifier Pioneer. Masing-masing adalah dua amplifier empat kanal seri GM-D8604, dan satu lainnya adalah monoblok GM-D9601 yang dipekerjakan untuk mengangkat suara subwoofer.

Speaker
FT-86 tidak memiliki volume ruang yang cukup besar untuk menempatkan banyak perangkat audio. Maka dari itu pemilihan driver pun harus benar-benar bijak. Agar keberadaannya tak sampai mengganggu. Pada bagian belakang mobil ini disematkan empat buah speaker coaxial. Speaker jenis ini memiliki rentang frekuensi yang cukup lebar. Karena hal itu sangat cocok bila diaplikasikan pada mobil yang memiliki violume ruang yang tidak terlalu besar seperti mobil ini. per-drivernya speaker ini mampu memainkan frekuensi mid hingga ke high. Selain itu terdapat juga dua pasang speaker split 2 way yang masing-masing terpasang di bagian depan dan belakang mobil ini.

Supaya nampak selaras dengan perawakan si mobil, maka sistem audio pun dibuat bergaya sporty. Penempatan perangkat audio diatur sedemikian rupa agar kesan gagahnya tetap terpancar. Dengan demikian mobil ini pun kian terlihat lebih mencolok dari yang lainnya. Mobil ini sempat “nongkrong” di booth Pioneer pada gelaran GIIAS 2015 lalu. Keberadaannya mampu menarik banyak perhatian para pengunjung yang hadir dalam pameran tahunan tersebut. Itu membuktikan bahwa ia memiliki daya tarik yang hebat bagi siapapun yang meliriknya.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.