Amoplusmagz
Simple For Daily Consumption Simple For Daily Consumption
CRV hitam ini merupakan salah satu mobil yang sistem audionya berkonsep “sederhana”. Sederhana disini hanya untuk konsepnya saja yaa, kalau untuk suaranya tentu tak... Simple For Daily Consumption

Aplikasi sistem sederhana untuk konsumsi harian

Amoplus Magazine – Belakangan ini trend pengaplikasian sistem audio sudah mulai kembali beralih ke konsep yang simple-simpel. Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, dimana konsep SQL lebih banyak digandrungi oleh para pecinta car audio. Saat ini orang-orang cenderung lebih menyukai tunggangannya tetap terlihat orisinil, sekalipun sebetulnya sistem audio di dalamnya telah dirombak.

CRV hitam ini merupakan salah satu mobil yang sistem audionya berkonsep “sederhana”. Sederhana disini hanya untuk konsepnya saja yaa, kalau untuk suaranya tentu tak bisa dibilang sederhana. Mobil ini dibangun oleh Bronson Audio yang bermarkas di bilangan Jakarta Barat. Seperti kita ketahui bersama, workshop satu ini  kerap kali menghasilkan mobil-mobil bersuara fantastis. Bahkan tak sedikit mobil jebolannya mampu menjawarai kontes-kontes car audio bergengsi di tanah air.

Dari awal CRV ini masuk ke workshop Bronson Audio pemiliknya memang sudah mengutarakan mengenai konsep rombakan yang ingin ia terapkan di mobilnya ini. Beberapa perangkat audio aftermarket pun dipilihnya untuk mengisi tiap lini sistem audio di mobilnya ini. Setelah diskusi mengenai konsep selesai, pemilihan perangkat selesai, Kemudian saatnya eksekusi.

Sebagai main source head unit OEM pada CRV ini masih dipertahankan keberadaannya. Pemiliknya menilai kinerja head unit tersebut masih bisa dioptimalkan di sistem audionya saat ini. Untuk speaker depan baru sang penilik menggantnya dengan produk aftermarket. Komposisi yang diterapkan dalam pengaplikasian speaker depan adalah 2way, yang mana komposisi 2way tersebut terdiri dari tweeter Flux RC HT 28 dan midbass Dynaudio 165 WLQ. Dalam skema yang terpasang speaker-speaker tersebut digerakan oleh satu amplifier 4 kanal, Mosconi AS 100.4.

Untuk mengatur pengolahan suara agar terdengar lebih baik maka satu buah prosesor Mosconi juga turut diterapkan pada sistem audio di mobil ini. Ia ditempatkan agak tersembunyi memang, di sela antara bangku kanan dan kiri bagian depan. Namun meskipun letaknya tersembunyi ia mampu membuat banyak perubahan pada tata suara di mobil ini.

Terakhir yang perangkat audio aftermarket yang diaplikasikan di mobil ini adalah subwoofer aktif dari Rockford. Sebwoofer tersebut diletakan tepat di bawah bangku kemudi. Salah satu keunggulan dari penggunaan subwoofer aktif adalah efisiensi tempat, dan penggunaannya cenderung lebih praktis, karena tak perlu repot-repot membuat box lagi.

Secara sistem yang terpasang di mobil ini mungkin memang nampak begitu sederhana. Tapi untuk soal suara tidak bisa dikatakan demikian. Jika hanya untuk konsumsi harian sistem yang terpasang ini sudah lebih dari cukup. Jernih, rapi, dan tentunya dapat dinikmati oleh siapapun penunggangnya.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − eleven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.