Amoplusmagz
Simple But Still Classy Simple But Still Classy
Audio pada mobil yang digarap oleh tim Mobiltronik Surabaya ini memang kelihatannya simple. Dalam artian rombakannya tak macam-macam. Sang installer hanya merombak bagian yang... Simple But Still Classy

Tatanan boleh saja terlihat simple, tapi kalau sudah soal suara rasanya tetap berkelas

Amoplus Magazine – Sekilas, audio pada mobil yang digarap oleh tim Mobiltronik Surabaya ini memang kelihatannya simple. Dalam artian rombakannya tak macam-macam. Sang installer hanya merombak bagian yang memang perlu dirombak saja seperti pilar dan beberapa part lainnya di area bagasi. Selebihnya kondisi mobil tetap dibiarkan apa adanya. Hanya mungkin di bagian bodi saja yang dibubuhi sedikit peredaman supaya mobil terkesan lebih rigid dan area dalamnya lebih senyap.

Pajero hitam ini adalah milik Aswin. Meski tatanan setiap perangkatnya terlihat terlihat simple tapi kalau sudah urusan suara rasanya tetap berkelas. Pasalnya selain dihuni oleh perangkat-perangkat kenamaan, installer yang menangani pun sejatinya telah memiliki segudang pengalaman di dunia car audio. Jadi kalau untuk hal-hal seperti ini sih tentunya ia sudah punya trik jitu untuk mengatasinya.

Mengenai skema sistem audio di Pajero hitam ini, di tempat head unit kita akan temukan perangkat double din lansiran Kenwood seri 717. Head unit ini telah dibekali fitur multimedia yang cukup lengkap. Jadi selain digunakan sebagai source audio ia juga memungkinkan untuk pemutaran file video.

Mengisi lini speaker ada produk lansiran Focal ditanamkan di kabin depan, formasinya adalah 3way. Midbass masih diplot di posisi standard, sedangkan midrange dan tweeter diaplikasikan di pilar A dengan housing yang telah dibuat sebelumnya. Speaker pada bagian ini digerakan oleh dua amplifier 4 kanal Harmotech S4. 4 kanal dari amplifier pertama digunakan untuk mensuplai daya ke midbass dan midrange.  2 kanal dari amplifier kedua digunakan untuk tweeter. Jadi dalam arti lain speaker depan pada Pajero hitam milik Aswin ini didrive secara aktif oleh amplifier yang diaplikasikan.

Di bagian belakang ditambahkan satu unit subwoofer Focal dalam box sealed. Subwoofer pada bagian ini mengemban tugas sebagai penyembur suara frekuensi rendah  (bass). Ia digerakan oleh dua kanal tersisa dari amplifier Harmotech S4 tadi dengan metode bridged.

Setiap perangkat yang dipasangkan di bagian belakang mobil ini ditata dengan rapih. Untuk mempercantik tampilannya dalam hal ini sang installer pun turut memberikan sedikit sentuhan kosmetik. Dan meski secara keseluruhan sistemnya terlihat simple tapi kalau untuk urusan suara tetap terasa berkelas.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.