Amoplusmagz
Simpel Namun Tetap Terkesan Elegan Simpel Namun Tetap Terkesan Elegan
All New Toyota Fortuner ini adalah salah satu mobil yang digarap oleh Bronson Audio untuk audionya. Bila dilihat secara sekilas audio yang dipasangkan memang... Simpel Namun Tetap Terkesan Elegan

Trend simple dalam pengaplikasian audio memang sedang banyak digandrungi saat ini. Selain perlakuannya pada mobil lebih ramah, konsep seperti ini juga dinilai memiliki kesan yang lebih elegan.

Amoplus Magazine – All New Toyota Fortuner ini adalah salah satu mobil yang digarap oleh Bronson Audio untuk audionya. Bila dilihat secara sekilas audio yang dipasangkan memang kelihatannya simple, tapi dalam proses installasinya kami yakin tak sesimpel yang dibayangkan. Genre yang dianut oleh mobil ini adalah SQ. Kita tahu dalam membangun mobil SQ ada beberapa treatment yang memang harus dilakukan dengan benar. Bukan semata-mata hanya menyusun perangkat demi perangkat saja. Proses installasi untuk membangun mobil SQ selalu dilakukan dengan penuh perhitungan. Memilih treatment apa saja yang memang harus diterapkan. Pada intinnya keseluruhan prosesnya harus dilakukan dengan benar. Bila tidak maka suara yang dihasilkan pun tak akan terasa enak untuk didengar.

Skema yang diaplikasikan pada mobil ini bisa dikatakan memang tidak terlalu “macam-macam”, sesuai dengan permintaan sang pemilik. Sebagai penghasil suara di bagian depan dipasangkan satu set speaker 3way Flux Reference. Sedangkan untuk penghasil bassnya ditambahkan satu subwoofer JL Audio yang ditempatkan dalam box sealed di bagian belakang.

Positioning speaker depan khususnya untuk midrange dibuat sedikit menghadap ke atas di pilar A. Sedangkan untuk tweeter-nya diposisikan sedikit lebih mundur dari midrange dengan posisi on axis. Sementara itu Untuk midbass posisinya masih ditempatkan di tempat standardnya, yaitu pada doortrim pintu depan.

Speaker-speaker yang terpasang di mobil ini seluruhnya didrive oleh dua amplifier Flux. Kedua amplifier tersebut ditempatkan tepat di bawah bangku depan. Keberadaannya tersembunyi, bahkan nyaris tak terlihat bila bangku tak digeser. Penempatan amplifier di bawah bangku seperti ini dimaksudkan agar keberadaannya tidak sampai mengganggu fungsi area lainnya.

Perangkat lain yang posisinya turut diganti oleh sang pemilik adalah head unit. Pada mobil ini posisi head unit OEM Fortuner digantikan oleh Alpine seri X008. Head unit Alpine seri yang satu ini memang didesain khusus untuk Toyota Fortuner. Selain ukuran layarnya yang terbilang cukup besar, Alpine juga telah membekali head unit ini dengan beragam fitur mumpuni. Maka dari itu tak heran bilamana keberadaan HU yang satu ini cukup banyak diminati oleh kalangan pecinta car audio, khususnya di tanah air.

Secara konsep, yang diterapkan pada mobil ini mungkin bisa saja dikatakan sederhana. Namun berkat penataan serta proses installasi yang tepat keberadaan sistem audio pada mobil ini kini malah membuatnya terkesan lebih elegan. Ditambah dengan suara merdu yang dihasilkan semakin membuat suasana di dalam mobil ini menjadi lebih nyaman untuk ditunggangi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.