Amoplusmagz
Simpel Komposisinya, Optimal Hasil Suaranya Simpel Komposisinya, Optimal Hasil Suaranya
Salah satu mobil yang menerapkan konsep simple seperti kami sebutkan di atas adalah Livina besutan Mega Audio ini. Meski sejatinya LIvina memiliki volume kabin... Simpel Komposisinya, Optimal Hasil Suaranya

Komposisi tepat untuk diaplikasikan di mobil harian

Amoplus Magazine – Sekarang ini tren simple dalam modifikasi audio memang sedang banyak digandrungi, terutama oleh mereka yang berada di seputaran wilayah Jakarta. Pada penerapan konsep ini biasanya mereka mengupgrade sistem audio di mobilnya tanpa menghapus kesan orisinil dari si mobil itu sendiri. Pokoknya sebisa mungkin area dalam mobil tetap nampak standard, tak banyak ubahan di sana-sini.

Salah satu mobil yang menerapkan konsep simple seperti kami sebutkan di atas adalah Livina besutan Mega Audio ini. Meski sejatinya LIvina memiliki volume kabin yang lumayan lapang, tapi dalam hal ini sang installer tetap mengedepankan aspek efisiensi. Karenanya dalam menyisipkan sistem audio yang mumpuni ia tak perlu mencopot satu baris bangku pun pada mobil ini. Semuanya dapat diatur sedemikian rupa, sehingga meskipun terdapat beberapa perangkat baru yang ditambahkan, keberadaannya tak sampai mengganggu area lainnya dalam mobil.

Audio di Livina ini menganut aliran sound quality. Sebagian besar perombakan terdapat di area kabin depan. Di sektor penyembur suara kini pada Livina ini telah dipasangkan satu set speaker 3way berlabel Focal. Dalam hal ini sedikit perombakan dilakukan pada pilar A. Untuk menempatkan midrange dan tweeter maka sang installer membuatkan pilar custom. Sementara itu untuk midbass masih diposisikan di tempat standard-nya.

Untuk head unit dipercayakan pada perangkat lansiran Alpine seri IVA-W520. Selain fitur mumpuni, head unit keluaran Alpine ini juga dikenal memiliki reproduksi suara yang baik. Maka dari itu keberadaannya di lapangan pun cukup sering kita temukan. Banyak orang mengandalkannya sebagai main source untuk daily entertain dalam mobil.

Karena speaker di bagian depan telah diganti maka secara otomatis perlu amplifier tambahan untuk menggerakannya. Nah tepatnya di bawah bangku depan Livina ini telah tersemat dua amplifier Flux. Masing-masing serinya adalah Evo 100.4, dan Sporty FS 80.4. Keduanya merupakan amplifier 4 kanal. 4 kanal dari amplifier Flux Sporty FS 80.4 digunakan untuk mendrive tweeter dan midrange. Kemudian 2 kanal dari amplifier Flux Evo 100.4 digunakan untuk midbass, dan 2 kanal tersisa di bridged untuk menghidupkan subwoofer Scanspeak 23W yang tertanam di area belakang.

Di sektor pengolah suara ada prosesor Alpine PXA-H701. Kontrolernya (RUX C701) dapat kita jumpai di bagian depan, tepat di bawah head unit.

Secara keseluruhan komposisi yang diterapkan memang terlihat begitu simple. Tapi kalau untuk urusan suara tentunya tak perlu diragukan. Mega Audio merupakan salah satu workshop dengan jam terbang tinggi. Jadi kalau untuk urusan mengoptimalkan sistem audio, itu merupakan salah satu keahliannya.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.