Amoplusmagz
Sederhana, Tapi Jangan Pandang Sebelah Mata Sederhana, Tapi Jangan Pandang Sebelah Mata
Amoplus Magazine - Secara system, penampakannya bisa dikatakan sangat sederhana. Tapi siapa sangka jika nyatanya system di mobil ini memiliki kualitas suara diatas rata-rata.... Sederhana, Tapi Jangan Pandang Sebelah Mata

Ada pepatah kuno mengatakan “don’t judge a book by it’s cover”. Sepertinya itu berlaku pada salah satu mobil yang kami muat ini.

Amoplus Magazine – Secara system, penampakannya bisa dikatakan sangat sederhana. Tapi siapa sangka jika nyatanya system di mobil ini memiliki kualitas suara diatas rata-rata. Daripada penasaran mending langsung saja yuk simak pembahasannya sebagai berikut.

Pemilik Mobilio hitam ini merupakan sosok yang bisa dikatakan masih sangat muda. Ia menggarap mobilnya di workshop Channel Audio di bilangan MGK Kemayoran. Awal datang ke workshop niatnya hanya sebatas ingin membangun mobil untuk harian. Tapi seiring dengan semakin seringnya ia bergumul bersama pemain audio, akhirnya ia pun mulai tertarik untuk mengikut sertakan mobilnya tersebut dalam sebuah kontes.

Mobilio-1

Meski dibagun untuk kontes, pemiliknya tak ingin mobilnya ini dirombak terlalu ekstrim. Biar bagaimanapun ini merupakan mobil harian, jadi bila terlampau ekstrim khawatir malah akan membuat kurang nyaman bila digunakan sehari-hari. Karenanya dibuatlah konsep seperti yang terlihat saat ini.

Mobilio-7

Posisi head unit dipercayakan pada perangkat dari Kenwood. Sementara itu untuk posisi speaker depan ditempati oleh speaker lansiran Reverb Acoustic. Speaker yang terpasang di depan terdiri dari kombinasi midbass dan fullrange. Untuk midbass memang masih ditempatkan di tempat standardnya, tapi dibuatkan semacam baffle supaya kinerjanya bisa lebih optimal, dan suaranya bisa lebih rendah. Fullrange ditempatkan di pilar A dengan angle yang sedikit mengerah ke atas.

Mobilio-3

Di bagian belakang disematkan satu buah subwoofer bertuliskan “Cubig Car Audio”. Subwoofer tersebut disarangkan dalam box sealed di pojok kiri bagian belakang. Keberadaannya sama sekali tak mengganggu area lainnya di bagian belakang mobil ini. Karena ukuran box-nya yang terbilang tak terlalu besar, maka bagasi mobil ini masih tetap bisa difungsikan sebagaimana mestinya.

Mobilio-4

Satu lagi perangkat yang keberadaannya cukup penting dalam system audio di mobil ini adalah Prosesor NS Audio. Pada system di mobil ini ialah yang bertanggung jawab atas kerapihan output suara yang dihaslikan. Maka dari itu perannya bisa dikatakan cukup vital pada mobil ini.

Mobilio-6
Mobilio-5

Seperti yang tadi kami sebutkan di awal, “don’t judge a book by it’s cover”. Meskipun audio di mobil ini kelihatannya sangat sederhana, tapi nyatanya suaranya diatas rata-rata. Hal tersebut membuktikan bahwa dalam SQ penampilan tak bisa dijadikan sebuah tolak ukur bagus atau tidaknya sebuah system. Point-nya adalah installasi. Jika dilakukan dengan benar maka hasil suaranya pun akan terdengar lebih tertata.

Mobilio
SKEMA

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.