Amoplusmagz
Sederhana Tapi Istimewa Sederhana Tapi Istimewa
Soal genre, yang dianut oleh sistem audio di mobil ini adalah SQ. Sang pemilik sejatinya merupakan seorang pehobi audio sejati. Pendengarannya telah terbiasa dengan... Sederhana Tapi Istimewa

Tampilannya sederhana tapi punya suara yang istimewa

Amoplus Magazine – Kami melihat Avanza satu ini seperti sosok yang low profile. Tampilannya bisa dikatakan san­gat sederhana, bahkan bila hanya dilihat dari luar kita tak akan menemukan perbedaan apapun dari mobil-mobil sejenis pada umumnya. Saat masuk ke bagian dalam barulah beberapa ubahan akan terlihat, terutama pada sector audionya. Di kabin depan mulai tampak penggantian speaker, begitu juga dengan bagian belakang yang kini tertanam cukup banyak perangkat tambahan. Jadi bangku baris ke tiga pada Avanza ini kini telah dipensiunkan, space-nya digunakan untuk men­empatkan perangkat-perangkat audio seperti amplifier, prosesor hingga subwoofer.

Soal genre, yang dianut oleh sistem audio di mobil ini adalah SQ. Sang pemilik sejatinya merupakan seorang pehobi audio sejati. Pendengarannya telah terbiasa dengan suara-suara high end. Karena itu ia tak mau tanggung-tanggung dalam merombak sistem audio di mobilnya ini. Sederet perangkat branded ia aplikasikan guna mendapat hasil suara yang sesuai dengan keingi­nannya.

Di posisi source pemutar file audio ia menggunakan head unit dari Bewith. Seperti yang kita tahu perangkat terse­but sejatinya memiliki kinerja yang baik dalam mere­k produksi suara. Ditambah lagi untuk piranti pengolah suaranya ada prosesor Zapco DSP-Z8. Proses tuning menjadi semakin mudah dan hasil suara terdengar lebih tertata.

Speaker depan diubah menjadi 3way. Driver yang digunakan adalah speaker dari Scanspeak. Positioningnya sebet­ulnya hampir tak jauh berbeda dari pemasangan speaker-speaker 3way pada umumnya. Meski begitu dalam pema­sangannya tetap diperhitungkan oleh sang installer.

Untuk mendrive speaker-speaker yang terpasang, ada tiga amplifier terpasang di mobil ini. Ketiganya terpasang di area belakang mobil, masing-masing mendapat tugas untuk menggerakan speaker split dan subwoofer.

Sistem audio yang terpasang di mobil ini sejatinya hanya didedikasikan untuk konsumsi harian saja, untuk dinikmati sang pemilik saat berada di perjalanan. Sejauh ini belum terbesit keinginan dari sang pemilik untuk mengikut serta­kan mobilnya ini dalam kompetisi, namun tak menutup kemungkinan untuk kedepannya. Tak ada yang tahu bukan?

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.