Amoplusmagz
“Sebelum Turun Ke Jalan, Upgrade Audionya Dulu” “Sebelum Turun Ke Jalan, Upgrade Audionya Dulu”
Amoplus Magazine - Belum lama ini Honda kembali meluncurkan varian terbaru generasi CRV. Beberapa perubahan dapat terlihat jelas baik pada bagian luar maupun pada... “Sebelum Turun Ke Jalan, Upgrade Audionya Dulu”

Pengaplikasian sistem SQ pada CRV keluaran terbaru

Amoplus Magazine – Belum lama ini Honda kembali meluncurkan varian terbaru generasi CRV. Beberapa perubahan dapat terlihat jelas baik pada bagian luar maupun pada bagian dalam mobil. Karena disini kita akan membahas mengenai audio, jadi yang akan kita telisik lebih jauh adalah mengenai perubahan di bagian dalamnya, yang bersinggungan langsung dengan sistem audio.

CRV-MEGA-AUDIO-FrontSpeaker

Perubahan paling mencolok yang terdapat pada bagian dalam mobil ini dapat kita lihat pada slot speaker-nya (midbass). Pada CRV generasi terbaru ini slot midbass sedikit lebih naik ke atas, mirip dengan slot midbass pada Range Rover Evoque. Untuk orang-orang audio hal ini merupakan sebuah nilai plus. Pasalnya dengan begitu suara yang dihasilkan midbass secara otomatis juga akan lebih naik.

CRV-MEGA-AUDIO

CRV yang kami “bedah” pada bahasan kali ini sebetulnya benar-benar baru turun dari showroom. Menurut sang pemilik, sebelum ia benar-benar diturunkan ke jalan alangkah lebih baik jika sektor audionya dirombak terlebih dahulu. Mengingat jalana ibu kota yang semakin hari semakin padat, bila tidak memiliki sarana hiburan yang baik dalam mobil maka tentu tingkat stress setiap harinya akan terus meningkat. Setidaknya dengan sistem audio yang baik bisa merelaksasi pendengarnya agar tetap merasa nyaman saat dalam perjalanan.

CRV-MEGA-AUDIO-SUBWOOFER

CRV-MEGA-AUDIO-Amplifier

Sistem audio pada mobil ini hampir seluruhnya dirubah. Satu-satunya perangkat OEM yang keberadaannya masih dipertahankan adalah head unit. Pemlik merasa performa head unit bawaan CRV ini masih cukup “oke” untuk digunakan. Saat kami coba, proses pemutaran beberapa file audio memang dapat dilumat dengan baik oleh HU ini. Hanya saja untuk proses perpindahan file maupun menu-nya masih terasa kurang responsive. Tak menutup kemungkinan untuk kedepannya sang pemilik juga akan turut mengupgrade perangkat OEM satu ini dengan perangkat aftermarket.

CRV-MEGA-AUDIO-HU

CRV-MEGA-AUDIO-FrontSystem

Di sektor speaker, ada formasi 3way Venture terpasang di kabin depan. Sebagai penghasil bass-nya satu subwoofer Venture berukuran 10” juga turut ditampahkan di bagian belakang mobil ini. Subwoofer ditempatkan pada box sealed. Pemilihan jenis box sealed dimaksudkan agar control subwoofer dapat lebih baik, sehingga suara bass yang dikeluarkan dapat terdengar lebih nyaman di telinga.

CRV-MEGA-AUDIO-Tweeter-Midrange

CRV-MEGA-AUDIO-RearSystem

Untuk penguat suara, ada dua amplifier 4 kanal dari Ground Zero diaplikasikan pada CRV ini. Keduanya diletakan di area bagasi. Proses penempatannya sendiri ditata sedemikian rupa oleh sang installer, diberi sedikit sentuhan kosmetik agar penampakannya tetap enak untuk dilihat. 6 kanal dari kedua amplifier tadi digunakan untuk mendrive speaker 3way depan. Dan 2 kanal tersisa di-bridged untuk menghidupkan subwoofer.

CRV-MEGA-AUDIO-Skema

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.