Amoplusmagz
Sebelas Dua Belas Sebelas Dua Belas
Audio pada dua mobil ini merupakan buah karya dari workshop Cartens Autosound, Jakarta. Kenapa bahasannya kami tampilkan sekaligus, karena menurut sang installer kedua mobil... Sebelas Dua Belas

Dibangun dengan komposisi perangkat yang hampir sama, hasil suaranya pun bisa dikatakan “sebelas dua belas”

Amoplus Magazine – Audio pada dua mobil ini merupakan buah karya dari workshop Cartens Autosound, Jakarta. Kenapa bahasannya kami tampilkan sekaligus, karena menurut sang installer kedua mobil ini mempunyai kemiripan pada sistem audionya. Mulai dari konsep pembangunan, hingga ke sejumlah perangkat yang digunakan semuanya bisa dikatakan “sebelas dua belas”.

CRV Cartens AutoSound

Kedua mobil ini masing-masing menggendong sistem Car Theater untuk audionya. Hal tersebut ditandai dengan adanya penggunaan speaker split di bagian belakang. Nah mengenai perangkat yang digunakan, pada keduanya bisa dikatakan 80% sama. Setiap lini pada sistem audio di kedua mobil ini diisi oleh brand yang berbeda. Misalnya saja untuk lini speaker yang dipercayakan pada Flux, amplifier Mosconi, dan untuk prosesornya Helix.

Selain perangkat, secara konsep perombakan keduanya juga bisa dikatakan hampir sama. Area depan dipasangi speaker 3way Flux untuk penghasil tonal. Di belakang juga ada lagi speaker split yang diaplikasikan, hanya saja split di bagian ini menggunakan komposisi 2way. Subwoofer pada keduanya sama-sama ditanamkan di tempat ban serep. Hal seperti ini dinilai lebih efisien karena dapat menghemat penggunaan space di area belakang mobil. Jadi meski tertanam subwoofer area bagasi tetap terkesan lapang.

CX5 Cartens AutoSound

Mengenai perangkat penguat suara, pada kedua mobil ini masing-masing terpasang tiga buah amplifier Mosconi. Pembagian tugasnya adalah amplifier pertama dibebankan untuk menghidupkan speaker depan, amplifier kedua untuk speaker split belakang, dan amplifier ketiga untuk subwoofer. Kalau untuk sistem pengolahan suara seluruhnya diserahkan pada prosesor lansiran Helix.

Selain bermain di genre car theater, sesekali sistemnya juga bisa diajak bermain di genre SQ. Sang installer telah menyiapkan kedua pengaturan ini di masing-masing mobil. Jadi pemiliknya nanti hanya tinggal pilih saja di genre mana ia ingin bermain, sesuai dengan kebutuhannya.

Overall proses perombakan dilakukan dengan baik. Secara tampilan sistem yang diterapkan tetap enak untuk dipandang. Kalau secara suara sih tentunya tak perlu diragukan lagi yah. Cartens dengan pengalamannya yang sudah lebih dari 15 tahun di dunia audio ini nyatanya selalu berhasil membuat telinga para customer-nya nyaman. Karyanya selalu mampu memuaskan ekspektasi para pelanggan yang datang ke workshopnya.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.