Amoplusmagz
Sebab Kenapa Suara BASS Kamu Ambyar Sebab Kenapa Suara BASS Kamu Ambyar
Bass adalah fukus utama dari setiap upgrade audio di kendaraan. Dengan menambahkan subwoofer kamu akan mendapatkan bass yang jauh lebih matap daripada hanya sekedar... Sebab Kenapa Suara BASS Kamu Ambyar

Amoplus Magazine – Bass adalah fukus utama dari setiap upgrade audio di kendaraan. Dengan menambahkan subwoofer kamu akan mendapatkan bass yang jauh lebih matap daripada hanya sekedar menggunakan speaker 6 inci standar.

Tetapi tidak banyak yang menyadari kalau memasang subwoofer juga harus diikuti dengan pengaturan yang sesuai, kombinasi perangkat dan cara-cara pemasangan yang baik.

Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan suara bass kurang afdol di mobil kamu:

  1. Salah Fase Speaker

Dengan menganalogikan speaker sebagai pompa udara, kita bisa menggambarkan jika speaker dengan polaritas yang benar selalu bergerak memompa udara ke depan. Jika ada satu speaker yang pemasangan positif dan negatifnya terbalik maka dia akan bergerak menyedot udara. Dalam sistem dengan banyak speaker, jika subwoofer kamu terpasang secara terbalik maka suara bass bisa menjadi kehilangan bobot dan terkesan bermain sendirian.

  1. Salah pemotongan frekuensi

Ingat subwoofer itu fungsinya hanya untuk mereprodusi suara bass. Kalau subwoofer pada sistem kamu mengeluarkan suara vokal atau bahkan kamu bisa mendenganrkan suara cymbal dari subwoofer tersebut artinya titik pemotongan frekuensi pada power amplifier yang menjalankan subwoofer tersebut terlalu tinggi. Bisa terjadi juga pada DSP dimana kamu lupa mengaktifkan fitur LPF. Atau yang paling buruk, double crossover.

  1. Tidak menggunaan power amplifier yang sesuai

Memang power dengan tenaga kecilpun masih bisa menggerakan subwoofer dengan baik tanpa kendala. Tetapi tujuan kita untuk memasang subwoofer kan untuk mendapatkan bass yang kencang. Ketika power kecil itu kita paksa untuk menghasilkan tenaga sampai pada batasnya maka power tersebut bisa mencapai titik dimana suara yang terdengar di subwoofer adalah suara dari power yang mentok alias clipping. Kalau terus dipaksakan power bisa mengalami kerusakan.

  1. Kabel Catu Daya yang berukuran lebih kecil dari rekomendasi

Kita menganalogikan kabel sebagai pipa air. Kalau kita mengirimkan arus yang besar melalui pipa yang kecil maka pipa tersebut akan pecah. Tetapi yang paling ketara adalah hasil suara bass yang dihasikan.

  1. Box speaker Ala Kadar

Untuk box Subwoofer perlu kamu perhatikan, triplex bukanlah material paling sesuai untuk menghasilkan suara bass yang baik. Banyak faktor yang kamu harus perhatian untuk box. Kotak yang lebih kecil dari rekomendasi akan menyebaban suara bass terdengar pendek dan enggak karuan. Ukuran port di titik tuning yang salah akan menyebabkan peak +3Db di posisi frekuensi yang juga salah. Box yang terlalu besar tidak menjamin suara bass kamu juga lebih baik. Juga, jangan irit baut. Kalau lubang baut subwoofer ada delapan jangan Cuma dipasang empat. Jalan ke toko bangunan sebentar ga akan bikin kamu capek koq.

  1. Penempatan barang barang di sekitar subwoofer

Menaruh plastik belanjaan di depan subwoofer dan port subwoofer sehabis berbelanja bukanlah sesuatu yang akan membanggakan installer kamu ketika kamu balik untuk complain  kalau bass kamu rusak.

 

Demikianlah penjelasan dari kami. Salam.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.