Amoplusmagz
Satu Sistem Dua Aliran Satu Sistem Dua Aliran
Sebagai salah satu mobil yang menganut aliran SQL, tampilan CRV yang kami temui beberapa waktu lalu ini nampak terlihat kurang begitu menarik. Satu Sistem Dua Aliran

Sistem audio terpasang untuk bermain di dua aliran yang berbeda

Sebagai salah satu mobil yang menganut aliran SQL, tampilan CRV yang kami temui beberapa waktu lalu ini nampak terlihat kurang begitu menarik. Pasalnya selain identik dengan perangkatnya yang banyak, biasanya mobil-mobil SQL juga dihiasi oleh kosmetik sebagai pemanis. Hal tersebut nyaris tidak kami temukan pada mobil ini. Yang terlihat hanyalah penambahan beberapa perangkat audio saja,  “polos tanpa pemanis tambahan”.

Setelah kami berbincang dengan installer yang menangani mobil ini, ia mengatakan bahwa konsepnya memang sengaja dibuat seperti ini. Pada dasarnya mobil ini memang dibuat untuk SQL. Namun sang pemilik tak ingin hanya itu saja yang ditonjolkan. Ia ingin aliran SQ tetap dapat ia nikmati di bagian dalam mobil. Karena itu sang installer mendesain sistem yang terpasang dalamnya  agar dapat bermain di dua aliran yang berbeda, yakni SQ dan SQL.

SQ Formation
Untuk memainkan SQ, di bagian depan telah disiagakan speaker 3 way. Speaker tersebut didrive oleh power empat kanal ARC Audio. sementara itu untuk penghasil suara rendahnya diserahkan pada dua subwoofer Momentum di bagian belakang. Untuk mendapatkan hasil suara yang lebih optimal, tepat dibelakang bangku baris kedua dibuatkan semacam sekat pemisah antara ruang depan dan belakang. Hal ini dimaksudkan untuk “memperbaiki” sektor ruangan pada mobil. Ketika genre SQ ini dimainkan, speaker 3 way yang berada di bagian belakang tidak dihidupkan.

SQL Formation

Saat memainkan SQL, suara difokuskan pada speaker-speaker yang terpasang di bagian belakang. Selain dua subwoofer, di bagian ini juga terdapat speaker split 3 way untuk penghasil tonalnya. Tak seperti mobil-mobil SQL pada umumnya. Bagian belakang mobil ini terlihat lebih “polos” nyaris tanpa tambahan kosmetik lainnya. Dibanding dengan harus mendandani tampilan mobilnya, sang pemilik lebih memilih untuk mendandani sektor suaranya. Dalam artian bila memang masih ada yang perlu dibenahi itu hanya untuk bagian audionya saja. Untuk penampilannya tak terlalu diprioritaskan oleh sang pemilik. Tujuannya agar suara speaker belakang tidak mengganggu tatanan suara yang sudah terdengar rapi di bagian depan.

Sound Manager
Untuk memainkan dua aliran audio seperti pada CRV ini, peran sound manager sudah pasti sangat diperlukan. Selain untuk mengolah suara, ia dapat difungsikan untuk mengatur aliran mana yang hendak dimainkan. Setiap prosesor dibekali dengan memori penyimpanan. Jadi saat musik diputar kita dapat memilih pengaturan mana yang hendak dimainkan. Pada mobil ini peran tersebut diemban oleh Prosesor ARC Audio.

Di era sekarang ini penerapan konsep satu sistem dengan dua aliran audio sudah bukan hal baru lagi. Banyak dari para pecinta car audio sudah mengaplikasikan di mobilnya. Nilai plus dari penerapan konsep seperti ini adalah, kita akan tetap bisa menikmati sajian audio baik ketika berada di dalam atau pun di luar mobil.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − fourteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.