Amoplusmagz
Salah Satu “Kartu AS” Sang Installer Salah Satu “Kartu AS” Sang Installer
Amoplus Magazine - Outlander ini dibangun oleh workshop Meng’s Audio Medan, dengan mengusung aliran SQ. Sejatinya audio di mobil ini memang dibangun untuk mengikuti... Salah Satu “Kartu AS” Sang Installer

Dibangun dengan serius, mobil ini patut diperhitungkan saat turun dalam kontes car audio.

Amoplus Magazine – Beberapa waktu lalu tim AmoPlus berkesempatan untuk bertandang ke Kota Medan. Tak jauh berbeda dengan Jakarta, penggemar audio disana pun kini sudah semakin ramai. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya mobil-mobil baru yang sengaja dibangun dan dipersiapkan untuk ikut serta dalam kontes car audio. Salah satunya adalah Outlander putih ini.

Outlander ini dibangun oleh workshop Meng’s Audio Medan, dengan mengusung aliran SQ. Sejatinya audio di mobil ini memang dibangun untuk mengikuti kontes. Karenanya semua harus dipasangkan sesuai dengan standard kontes. Selain rapi dan enak didengar, pemiliknya ingin sistem audio dimobilnya ini mampu menorehkan prestasi kala diikut sertakan dalam ajang kontes car audio.

Dari teknik installasinya saja mungkin beberapa sudah ada yang dapat menerka bahwa mobil ini memang dipersiapkan untuk bertarung di kancah kontes car audio. Perangkat-perangkat audio yang dinaikan pun tentu telah dipilih sesuai dengan kebutuhan. Di posisi head unit, sang pemilik menyisipkan perangkat dari JVC.

Untuk prosesor, nampaknya perangkat lansiran DB Drag dipercaya untuk mengemban tugas sebagai pengolah suara di mobil ini. Sedangkan untuk penguat suara dibebankan pada dua buah amplifier Tensfox 150.4. Kedua amplifier tersebut didaulat untuk mendrive speaker 3way Tensfox yang tersemat di depan, dan satu subwoofer Tensfox di bagian belakang

Yang menarik untuk dibahas adalah penempatan speaker 3way di bagian depan mobil ini. Komposisinya tetap sama seperti pada umumnya, yaitu midbass di door trim, midrange dan tweeter di pilar A. Yang berbeda adalah angle-nya. Meski terdengar sepele namun nyatanya hal tersebut memiliki dampak cukup besar terhadap perubahan komposisi suara nantinya. Angle yang tepat akan menghasilkan tatanan suara yang lebih rapi tentunya. Di mobil ini dapat kita lihat midrange dan tweeter diposisikan secara off axis. Terutama midrange posisinya dihadapkan sedikit ke atas. Hal ini dimaksudkan agar rambatan suara dapat lebih baik, dan panggung terasa lebih lebar.

outlander-mengs-10

Dari skema di atas, kita dapat melihat bahwa tim dari Meng’s Audio Medan benar-benar serius dalam menangani mobil ini. Tiap detailnya dikerjakan dengan baik. Seluruhnya dilakukan semata-mata agar mobil ini siap bila suatu saat diturunkan dalam sebuah ajang kontes audio mobil. Dan yang tak kalah penting Outlander putih ini diharapkan akan mampu menorehkan prestasi membanggakan untuk pemiliknya.

outlander-mengs

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.