Amoplusmagz
Saatnya Yang Muda Unjuk Gigi Saatnya Yang Muda Unjuk Gigi
Sekarang ini nyatanya dunia car audio tak hanya dimainkan oleh mereka yang sudah “senior” saja, namun dunia audio kini sudah banyak dilirik oleh mereka... Saatnya Yang Muda Unjuk Gigi

Saat dunia car audio mulai banyak dilirik oleh kaum muda

Amoplus Magazine – Sekarang ini nyatanya dunia car audio tak hanya dimainkan oleh mereka yang sudah “senior” saja, namun dunia audio kini sudah banyak dilirik oleh mereka yang berusia muda. Salah satunya adalah pemilik Yaris merah dari kota Surabaya ini. Usianya bisa dikatakan masih sangat muda untuk berkecimpung di dunia car audio. Awalnya ia merombak sistem audio di mobilnya ini hanya untuk menunjang kegiatannya sehari-hari saja, sebagai teman jalan. Meskipun begitu ia tetap tak mau sembarangan dalam memasangkan audio di mobilnya tersebut. Karenanya ia mempercayakan seluruh perombakannya pada workshop Mobiltronik Surabaya yang dikepalai oleh Ricky.

Ia menerapkan sistem sound quality pada Yaris miliknya ini. Melihat tatanan audio yang terpasang, sepertinya ini tak hanya bisa diandalkan sebagai teman jalan saja, tapi juga bisa diandalkan jika suatu saat diturunkan dalam sebuah kontes car audio. Detail suaranya terdengar baik saat lagu-lagu bernuansa audiophile diputarkan. Tak heran bila sang pemilik merasa betah berlama-lama dalam mobil.

Di posisi head unit, perangkat bawaan Yaris ini nampaknya telah terlebih dahulu dipensiunkan, posisinya digantikan oleh produk aftermarket besutan Alpine seri IVA-W520E. Perangkat Alpine ini dinilai memiliki produktivitas lebih baik. Karenanya ia dipercaya untuk mengisi slot head unit pada mobil ini

Dalam sistem sound quality, kerapihan output suara menjadi prioritas nomor wahid. Karenanya untuk membuat sebuah sistem SQ yang baik alangkah baiknya melibatkan peran dari sound prosesor. Alat ini memiliki fungsi untuk mempermudah dalam melakukan setting suara. Nah pada mobil ini peran pengolah suara dibebankan pada Alpine PXA-H701. Letaknya ditempatkan di bagian belakang mobil atau di area bagasi.

Speaker-speaker yang tertanam di mobil ini keseluruhannya didompleng oleh dua amplifier. Masing-masing adalah Audison dan Audio System. Amplifier Audison digunakan untuk mendrive speaker 3way yang terpasang di kabin depan. Sementara itu untuk amplifier Audio System ditugaskan untuk membunyikan subwoofer yang bersarang di bagian belakang.

Pemilihan speaker sendiri untuk area depan dipercayakan pada komposisi 3way dari Focal. Komposisinya hampir serupa dengan penempatan speaker 3way pada umumnya, midbass di doortrim dan midrange serta tweeter diposisikan di pilar A.

Pembawaan sang pemilik yang kalem tergambar jelas pada tunggangannya ini. Ia sendiri mendesain mobilnya supaya dapat memberikan kenyamanan yang lebih dari biasanya. Dengan seperti ini ia membuktikan bahwa kini penikmat audio bukan hanya mereka para senior saja, tapi mereka yang masih muda juga tak bisa dipandang sebelah mata.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.