Amoplusmagz
Rombakan Simpel Bersuara Mengesankan Rombakan Simpel Bersuara Mengesankan
Jakarta, amoplusmagz.com - Toyota Harrier berwarna hitam ini adalah mobil yang sistem audionya digarap oleh workshop Linear Autosound, Serpong. Sejatinya ia adalah mobil harian... Rombakan Simpel Bersuara Mengesankan

“Sekilas sistemnya terlihat simpel, meski begitu ia sukses berikan hasil suara yang mengesankan.”

Jakarta, amoplusmagz.com – Toyota Harrier berwarna hitam ini adalah mobil yang sistem audionya digarap oleh workshop Linear Autosound, Serpong. Sejatinya ia adalah mobil harian yang sering dipergunakan oleh pemiliknya untuk mobilitas sehari-hari. Karena sang pemilik kebetulan punya hobi pada audio, ia merasa kurang puas dengan sistem standard pada mobil ini. Karena hal itulah kemudian dirinya memutuskan untuk merombak sistem audionya.

Sistemnya sendiri menganut aliran SQ. Secara skema installasinya mungkin terlihat sangat simpel. Tak terlalu banyak ubahan, hanya terdapat beberapa perangkat audio saja yang ditambahkan. Namun siapa sangka dari sistem yang terlihat simpel tersebut ternyata sanggup menghasilkan suara mengesankan. Kira-kira apa saja yang diaplikasikan oleh sang installer pada mobil ini, berikut kami berikan pemaparannya.

Di bagian head unit terpasang perangkat dari Kenwood. Kemudian pada bagian speaker kini sudah diupgrade menggunakan komposisi 3way dari Mapletech. Angle speaker dibuat on axis. Angle tersebut tentunya telah disesuaikan agar si speaker dapat bekerja lebih optimal. Dan memang saat dinikmati dari kursi kemudi suara yang dihasilkan benar-benar terasa natural dan proporsional.

Sebagai penghasil suara bass yang biasanya bermain di frekuensi rendah di bagian belakang turut dipasangkan juga satu buah subwoofer dari Crescendo. Subwoofer tersebut ditempatkan dalam box sealed. Posisinya dibuat di sudut kiri, menghadap ke depan dan agak ke atas. Meski ukuranyya cukup besar namun keberadaannya tak sampai memakan terlalu banyak space di area bagasi.

Selanjutnya di bawah bangku depan sebelah kiri telah ditanamkan satu buah DSP dari Helix P Six. Piranti tersebutlah yang bertugas untuk mendrive speaker split yang terpasang di kabin depan sekaligus mengolah suaranya agar terdengar lebih rapih.

Sementara itu di bangku sebelahnya ada amplifier dari Crescendo yang didaulat untuk menghidupkan subwoofer. Keberadaan dua perangkat ini sengaja diposisikan di bawah bangku. Selain untuk menghemat space, dengan posisi seperti ini letak perangkat tersebut dengan speaker atau head unit jadi lebih dekat, otomatis kabel yang digunakan pun akan lebih pendek. Di audio sendiri semakin pendek kabel yang digunakan semakin baik.

Itulah kira-kira yang diaplikasikan pada mobil ini. Simpel namun hasilnya cukup mengesankan. Suara yang dihasilkan benar-benar sanggup membuat telinga merasa nyaman.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.