Amoplusmagz
Rockford Fosgate Punch Pro PPS3-8 Rockford Fosgate Punch Pro PPS3-8
Produk keluaran Rockford Fosgate harganya selalu premium, tapi jangan berpikiran sempit, coba teliti lebih lanjut. Performanya bisa melebihi ekspektasi. Rockford Fosgate Punch Pro PPS3-8

Rockford Fosgate harganya selalu premium, tapi jangan berpikiran sempit, coba teliti lebih lanjut. Performanya bisa melebihi ekspektasi.

Amoplus Magazine – Peranan sebuah midrange untuk sistem suara yang mementingkan vokal sangat penting. Sebab hampir semua bagian dari range frekuensi tersebut di support olehnya. Sistem SQL mungkin bagi beberapa orang tidak memerlukan reproduksi suara vokal yang baik. Cukup suara tinggi dan rendah yang berdebam. Hal itu tidaklah benar. Suara musik dengan vokal yang cacat pasti akan mempengaruhi hasil secara keseluruhan. Maka pemilihan midrange, yang dipergunakan untuk menghasilkan suara di range tersebut menjadi penting.

Punch Pro PPS3-8 Sebuah woofer ups… bukan sebuah midrange di persembahkan untuk para penggemar audio, khususnya untuk penggemar SQL. Kali ini yang AmoPlus test adalah yang berukuran 8 inci. Ukurannya memang tidak normal untuk digunakan di dalam doortrim pintu. Kalau di tempatkan di sana ada kemungkinan volume box nya tidak cukup. Kalau untuk kebutuhan SQL, midrange ini ditempatkan di belakang dengan box yang sesuai.

Dilihat dari fisiknya, dari permukaannya terlihat Punch Pro PPS3-8 lebih mirip sebuah woofer yang biasa digunakan di dunia pro audio. namun ukurannya saja yang lebih kecil. Di pro audio ukuran normalnya 15″, tapi ini hanya 8″ saja. Yang membuatnya mirip adalah surroundnya. Ada dua puncakdan tiga lembah untuk surround tersebut, terlihat bentuknya mirip dengan ombak dengan puncak yang rendah. Model seperti ini menyiratkan efisiensi yang tinggi. Dengan power rendah, tapi menghasilkan suara yang kencang

Kemudian kita lihat lagi bagian konusnya. Sekilas terlihat bahan yang digunakan adalah polypropilene, tapi setelah bagian bawahnya diperiksa ternyata bahnnya adalah papercone, bahan yang terkenal mempunyai reproduksi suara terbaik. Bagian depannya memang di beri lapisan khusus, di treatment istilahnya, gunanya supaya lebih rigid, dan lebih tahan cuaca danlebih tahan air. Jadi keunggulan polypropilene dan kertas keduanya digabungkan agar diperoleh kualitas terbaik.

Desain kerucut di bagian tengah, selain untuk membuat kosmetiknya lebih baik, juga berguna untuk mendispersikan suara. Dan di antara kerucut dan konus, ada celah yang berfungsi sebagai ventilasi untuk voice coil. Tampak midrange ini di persiapkan untuk bekerja keras.

Pada bagian bawah tampak basket yang cenderung sederhana namun kuat, dipadukan dengan magnet berdiameter besar berpelindung karet. Meski terlihat midrange ini tipis, tapi memiliki berat yang lumayan.

Sistem terminasinya berupa terminal berpegas. Efisien dan kuat untuk mengikat kabel yang menghubungkan midrange ini dengan power amplifier.

Sound Test

Seperti sudah di duga, suara yang dihasilkan oleh Punch Pro PPS3-8 ini membuat kami puas. Vokal yang renyah, bobot cukup dan jernih terdengar dengan baik. Dan seperti juga tweeternya, midrange ini cock untuk di dengarkan dari jarak yang cukup jauh. Begitu powerfull. Clarity yang baik digabungkan dengan kekuatan. Memang untuk membuatnya sempurna masih perlu kehadiran subwoofer lagi, tapi sebagai midrange, Punch Pro PPS3-8 sudah lebih dari cukup. Rasanya harga yang di tawarkan jadi tidak masalah begitu suaranya terdengar.

AmoPlus Lab.

Grafik yang didapat dari simulasi Burst & Decay, memperlihatkan grafik yang terlihat istimewa. Terlihat midrange ini dipersiapkan untuk di dengarkan secara kencang. Di frekuensi di mana telinga manusia sensitif terlihat diturunkan. Hanya sedikit di frekuensi 2kHz yang terlihat menonjol.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.