Amoplusmagz
Rockford Fosgate Punch Pro 4 –T Rockford Fosgate Punch Pro 4 –T
For Work Hard Horn tweeter Punch Pro 4 –T ini memang mempunyai keunggulan yang berbeda dengan tweeter mobil pada umumnya. Suara yang mellow dan... Rockford Fosgate Punch Pro 4 –T

Punch Pro 4-T boleh jadi tweeter paling garang yang pernah ada. Benar-benar diciptakan untuk yang profesional.

Amoplus Magazine – Profesional di sini bukan berarti orang-orang biasa tidak boleh menggunakannya, semua boleh. Hanya jangan kaget akan performanya. Produk-produk yang diciptakan untuk kelas pro ini mempunyai durabilitas yang tinggi, mampu dan dirancang untuk menghasilkan kekuatan yang optimal.

Fisiknya sangat futuristik, terbuat dari aluminium diecast dengan motif yang sangar. magnetnya yang diberi pelindung plastik juga sangat besar untuk ukuran tweeter. Ditambah sepsang terminal sistem pegas, yang lagi-lagi tidak lazim dipergunakan pada tweeter. Kesemuanya itu tidak mencirikan sebuah tweeter, bahkan tweeter besar-pun tidak. Tapi itulah Punch Pro 4 –T yang gagah dan kekar.

Bicara mengenai ukurannya, diameter permukaan sebetulnya hanya 5,25″, itupun diukur antar sisi terjauhnya. jika diukur hanya bagian tengahnya saja tanpa mengukur dudukan sekrup, diameternya hanya 4″. Ukuran tersebut masih dapat dikategorikan tweeter besar yang umum dipakai di dalam mobil. Tapi kalau dipandang dari tingginya dan besarnya magnet, mungkin kita akan berpikir dua kali untuk menempatkannya di pilar A pada mobil. Dan memang mungkin hanya orang tertentu yang berani menempatkannya di sana.

For Work Hard Horn tweeter Punch Pro 4 –T ini memang mempunyai keunggulan yang berbeda dengan tweeter mobil pada umumnya. Suara yang mellow dan hanya untuk didengarkan dengan volume rendah bukan kriterianya. Punch Pro 4 –T adalah sebuah produk yang dirancang untuk menghasikan suara yang mempunyai power yang tinggi tapi tetap mempunyai clarity yang prima. Di tambah lagi mampu digunakan untuk waktu yang relatif lama.
Corong dan kerucut di bagian tengah, yang sekilas dibuat untuk tujuan artistik, mempunyai fungsi sebagai pengarah dan pendispersi suara. Oleh karenanya suara yang di dengarkan dari jarak yang jauh tetap terdengar dengan baik.

Sound Test

Tweeter ini wajib digunakan beserta crossover. Kalau tidak mau membuat crossover sendiri, Rockford menyediakan part PP4-X, sebuah crossover yang bisa digunakan bersama woofer. Untuk test ini kami menggunakan crossover tersebut.

Lagu pembuka kami putarkan Sammy. Dalam jarak yang dekat suara yang terdengar terasa agak tipis dan berisik, rasanya sulit membedakan detailnya. Itu baru awalnya. Kemudian kami mundur sekitar tiga meter. Volume malah lebih dibesarkan, suara yang terdengar jadi proporsional dengan clarity dan detail yang mantap. Memang dengan kondisi seperti inilah tweeter ini baru dapat menunjukkan performa sebenarnya. Cukup puas kami melihat hasilnya. tapi jauh lebih puas kalau kami juga bisa mendengarnya di mobil kontes SQL yang sesungguhnya. Dengan tantanan yang lebih sempurna, dengan dua midrange dan subwoofer hasilnya pasti jauh lebih baik lagi.

AmoPlus Lab

Dilihat dari simulasi Burst & Decay, RF Punch Pro 4 –T sangat luar biasa daerah frekuensinya lebar. dari 3kHz sampai 20kHz, terlihat nyaris rata. Ada sedikit meninggi di frekuensi 10kHz, tapi itu mudah di tangani. Apalagi untuk jarak dengar yang relatif jauh, mungkin hal ini malah menguntungkan.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.