Amoplusmagz
Rockford Fosgate Is Back !!! Rockford Fosgate Is Back !!!
Rockford Fosgate merupakan salah satu brand car audio kenamaan asal Amerika. Di Indonesia sendiri brand satu ini sudah terbilang cukup lama melanglang buana, khususnya... Rockford Fosgate Is Back !!!

Eksistensi Rockford kembali memuncak seiring dengan memanasnya ranah SQL di tanah air

Amoplus Magazine – Rockford Fosgate merupakan salah satu brand car audio kenamaan asal Amerika. Di Indonesia sendiri brand satu ini sudah terbilang cukup lama melanglang buana, khususnya di industry car audionya. Para pemain audio yang sudah lama berkecimpung dengan dunia audio tentunya tak akan asing dengan merek satu ini. Selain dikenal karena kualitasnya yang baik, produk-produk lansirannya juga dikenal berkat ketangguhannya saat diandalkan dalam ajang-ajang kontes car audio. Tak heran bila sampai saat ini sosoknya tak pernah kehilangan penggemar.

Rockford sejauh ini selalu identik dengan kawula muda. Sebagian besar penggunanya adalah mereka yang rata-rata masih berusia muda, seperti pemilik Civic FD lansiran tahun 2010 ini. Namanya adalah Cevi, ia berasal dari Ciamis, Jawa Barat. Pertama kali berkecimpung dengan dunia audio adalah sekitar tahun 2015 lalu. Dirinya mengaku, perangkat audio pertama yang membuatnya jatuh hati adalah Rockford ini. “Pertama sih saya ngeliat desainnya dulu, dari segi desain kan yang saya pakai sekarang ini oke punya tuh, lanjut ke uji suara, dan ternyata produknya memang oke, dari situlah saya mulai berani untuk aplikasiin di mobil saya”, tuturnya pada tim AmoPlus.

Audio di Civic FD milik Cevi ini menganut aliran SQL. Seperti dapat kita lihat, tatanan perangkatnya sangat khas SQL. Sebagian besar perangkat audio yang terpasang di mobil ini didominasi oleh brand Rockford Fosgate. Rombakan yang dilakukan terbilang ekstrim, sampai sampai beberapa area pada mobil ini terlihat dipadati oleh rentetan perangkat-perangkat audio. Agar tak makin penasaran, berikut kami sajikan ulasannya secara lebih mendetail.

Di bagian depan, tempat head unit kini diisi oleh perangkat lansiran Alpine seri IVE-W535EBT. Sementara itu untuk speakernya juga turut diganti menggunakan komposisi 3way. Speaker pada bagian ini sebetulnya lebih dikhususkan untuk penggunaan harian sang pemilik. Karena tak mungkin kan bila sedang dalam perjalanan audio yang digunakan adalah audio yang setiap drivernya terpasang di area belakang ?, Bisa saja siih, tapi pertanyaannya akan seperti apa suaranya ? Karena hal tersebut pemasangan speaker 3way di kabin depan tetap dirasa perlu, karena sewaktu-waktu sang pemilik akan butuh sarana hiburan juga saat dalam perjalanan.

Bergeser sedikit ke belakang, tepatnya di pintu belakang Civic ini kini telah dipasangi satu set speaker Rockford. Komposisinya 2way, terdiri dari midwoofer dan horn tweeter. Seri speaker yang tertanam di area ini memang didesain khusus untuk bermain SQL. Hal tersebut sebetulnya sudah terlihat dari perawakannya yang bisa dikatakan hampir mirip dengan speaker pro. Dan karena ia memang didesain untuk SQL, jadi secara suara tentunya ia mampu berteriak lebih kencang. Lalu masih di are yang sama, yaitu di pintu belakang, satu midwoofer berlabel Morel turut dipasangkan. Keberadaannya di sini lebih difungsikan untuk menambah daya gedor suara midbass ketika musik mulai diputar.

Selain di pintu belakang, kita juga dapat menemukan penggunaan speaker Rockford di area bagasi, tepatnya pada bagian kap bagasi. Serinya sendiri sama seperti yang diaplikasikan di pintu belakang. Dengan penambahan driver seperti ini diharapkan suara dapat keluar lebih kencang lagi.

Masih di area bagasi, di bagian ini turut ditanamkan dua buah subwoofer dalam box ported. Kalau ini sih tentu semuanya sudah pada tahu yah kegunaannya untuk apa ?, yap betul, subwoofer disini mengemban tugas sebagan penyembur suara bass. Jika dalam kontes ia juga diandalkan untuk memperoleh besaran angka dB yang setinggi-tingginya.

Gelaran Final USACI 2017/2018 lalu merupakan pertama kalinya mobil ini diterjunkan dalam ranah kontes car audio. Sang pemilik mengaku cukup terkejut melihat animo para pesertanya yang begitu luar biasa. Kabarnya tahun ini ia akan kembali turun di beberapa gelaran kontes audio mobil. Kita lihat saja kiprahnya, akankah ia sanggup bersinar ditengah banyaknya gempuran dari peserta lain di ranah SQL ?

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.