Amoplusmagz
Re-Composition Re-Composition
Sosok FT-86 ini sebetulnya sudah cukup sering kami temui di ajang-ajang kompetisi audio mobil, terutama yang terselenggara di kota Surabaya. Namun akhir pekan lalu... Re-Composition

Ubah ulang formasi demi hasil yang lebih optimal

Amoplus Magazine – Sosok FT-86 ini sebetulnya sudah cukup sering kami temui di ajang-ajang kompetisi audio mobil, terutama yang terselenggara di kota Surabaya. Namun akhir pekan lalu kami menemukannya di kota Bandung, tepatnya dalam acara bertajuk “Car Audio Movement CAN x USACI x SQC Club”. Sistem didalamnya merupakan salah satu buah karya dari workshop Next audioworks, Surabaya.

Sosoknya terbilang cukup rajin ikut serta dalam ajang kompetisi. Terlebih sang pemilik memang memiliki kegemaran yang luar biasa pada dunia audio. Dari yang pernah kami perhatikan, juga menurut penuturan dari sang pemilik, sistem audio pada mobil ini beberapa kali sempat mengalami perombakan. Perubahan formasi tersebut semata-mata hanya ditujukan demi mendapat hasil suara yang lebih optimal. Mengenai apa saja yang kini terpasang di bagian dalam, berikut kami berikan pemaparannya.

Tempat head unit dipercayakan pada produk besutan Kenwood. Kemudian untuk speaker depan menggunakan komposisi 2way (midbass & fullrange) dari Audible Physics. Jarak antara pilar A dengan slot midbass standard di mobil ini bisa dikatakan tak terlampau jauh. Karena itu penggunaan 2way saja pada bagian depan dinilai sudah cukup untuk menghasilkan tonal yang baik.

Satu subwoofer ditanamkan di bagian belakang. Partisi bagasi sengaja ditiadakan agar suara bass lebih mudah diatur hingga sampai ke kabin depan.  Mengenai proses pengolahan suaranya dipercayakan pada prosesor lawas, Alpine PXA-H800. Sementara itu untuk penguat suaranya dibebankan pada dua amplifier 4 kanal.

4 kanal dari amplifier pertama digunakan untuk mendrive speaker 2way yang terpasang di depan. Amplifier kedua di-bridged untuk menghidupkan subwoofer.

Secara keseluruhan, dibalik tampilannya yang terlihat sporty mobil ini memiliki sistem audio yang mumpuni. Sosoknya nyaris sempurna sebagai sebuah mobil. “Tampang oke, suaranya pun oke”. Bahkan pada beberapa ajang kompetisi ia sukses menunjukan tajinya. Sejumlah trophy pun telah sukses dibawanya pulang.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.