Amoplusmagz
Power Amplifier Empat Kanal Power Amplifier Empat Kanal
Dengan menambahkan amplifier eksternal secara otomatis audio yang terpasang akan menjadi lebih bertenaga. Tapi jangan berpikir tentang tenaganya saja. Jangan sampai setelah menambahkan amplifier... Power Amplifier Empat Kanal

ARC Audio XDi 600.4

Amplifier dengan teknologi dan desain yang futuristic

Dengan menambahkan amplifier eksternal secara otomatis audio yang terpasang akan menjadi lebih bertenaga. Tapi jangan berpikir tentang tenaganya saja. Jangan sampai setelah menambahkan amplifier suara yang dihasilkan malah terdengar lebih berantakan. Hal tersebut bisa saja terjadi. Salah satu akibatnya adalah pemilihan amplifier berkualitas di bawah dari system yang digunakan. Oleh karena itu pilihlah perangkat secara cermat agar system yang terpasang pun bisa bekerja dengan optimal.

Logikanya semakin kecil power amplifier, maka kualitasnya pun akan semakin baik. Kenapa bisa demikian ?, yang perlu diketahui adalah setiap penguatan yang dilakukan oleh amplifier itu bukan hanya menguatkan sinyal suara yang baik saja, distorsi-pun ikut naik. Tapi dalam hal ini bukan berarti power amplifier yang memiliki daya besar itu tidak bagus. Yang perlu diperhitungkan juga adalah penggunaan speaker. Penggunaan speaker dalam hal ini juga tentunya harus sesuai. Misalnya saja speaker yang digunakan membutuhkan daya besar untuk bekerja. Sedangkan amplifier yang dipasangkan berdaya kecil. Hal tersebut tentu akan membuat suara yang dihasilkan menjadi tidak optimal.

ARC Audio XDi 600.4
Nama ARC Audio tentunya sudah dikenal cukup lama sebagai salah satu brand penyedia perangkat audio. Di Indonesia sendiri perangkat-perangkat lansirannya telah banyak digunakan pada kompetisi-kompetisi besar. Hal tersebut mengindikasikan bahwa produk-produk yang dikeluarkan oleh ARC Audio ini memang memiliki kualitas baik, sehingga dalam hal ini banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya. Pada edisi kali ini kami berkesempatan untuk me-review salah satu produk terbaru yang dikeluarkannya. Ia adalah amplifier ARC Audio seri XDi 600.4.

XDi 600.4 merupakan amplifier empat kanal yang dikeluarkan oleh ARC Audio. Untuk sebuah amplifier, ukuran XDi 600.4 ini bisa dikatakan tidak terlalu besar. Dimensinya hanya sebesar 9.020”(L) x 6.268”(W) x 2.162”(H). Ukuran yang tidak terlalu besar membuatnya lebih mudah untuk ditempatkan dimanapun. Khususnya di dalam mobil penggunanya bisa menempatkan perangkat ini di bawah jok ataupun di bagian bagasi mobil.
Dari segi desain, XDi 600.4 ini memiliki tampilan yang cukup unik. Dalam artian tampilannya tak seperti amplifier pada umumnya. Bila pada amplifier umumnya terlihat tombol untuk pengaturan filter, gain dan sebagainya, pada amplifier ini tidak. Pada amplifier ini tombol-tombol tersebut berada tersembunyi dibalik casing penutup. Dan jika ingin melakukan pengaturan pada tombol-tombol tersebut terlebih dahulu casing penutupnya harus dibuka.
Untuk urusan tenaga, empat kanal pada amplifier ini masing-masing telah dibekali tenaga sebesar 150 Watt di tiap kanalnya.

Spesifikasi

4 Channels @ 4 ohms    150 Watts
4 Channels @ 2 ohms    150 Watts
2 Channels @ 4 ohms    300 Watts (Bridged)
Frequency Response:
20Hz – 20KHz
Crossover Range:
50Hz – 550Hz
Bass Boost:
Variable 0 – 12dB
Bass Boost Freq:
45Hz
Remote Level Control Included:
Yes – LP Front Ch. Only
Input Sensitivity (Low):
200mV – 3.5V
Fuse:
2 x 30 amp
Dimensions:
9.020″(L) x 6.268″(W) x 2.162(H)

Pada seri ini ARC Audio menggunakan topologi amplifier kelas D untuk memaksimalkan efisiensi daya dan mengurangi panas yang dihasilkan. Diluar sana sebetulnya banyak amplifier yang menggunakan topologi kelas D. Salah satu alasannya adalah untuk mengeksploitasi manfaat dari topologi tersebut. Tapi seri XDi 600.4 dari ARC Audio ini dapat dikatakan berbeda dari yang lain.
Ketika tiba saatnya untuk menguji XDi 600.4, kami memiliki ekspektasi yang cukup tinggi. Kami sangat ingin mencoba kemampuan amplifier ini untuk memberikan daya tinggi ke kedua beban woofer dengan dua ohm perkanal dan beban komponen speaker empat ohm perkanal. Untuk itu, kami menjembatani empat ohm woofer ke saluran depan dan mengatur crossover untuk low pass sekitar 80 Hz. Saluran belakang kami hubungkan ke speaker komponen referensi kami, dan kami menanggalkan crossover dalam mode full. Hasilnya cukup mengesankan. Selain bass yang terdengar baik, detail suara yang diperdengarkan pun mengalami peningkatan.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.