Amoplusmagz
PERFORMA Power Amplifier Class D Fullrange 4 Kanal PERFORMA Power Amplifier Class D Fullrange 4 Kanal
Mengenai fitur, semua kemampuan dari power fullrange 4 kanal disematkan. Seperti variabel lowpass dan highpass filter, kemudian bassboost. PERFORMA Power Amplifier Class D Fullrange 4 Kanal

Performa NP800.4 Efisien namun bertenaga besar.

Mobil sekarang semakin kompak. Meskipun mobil besar sekalipun, lebih banyak , sepertipemilik mobil menginginkan ruang di mobil tidak tersita oleh besarnya perangkat audio yang ditambahkan. Disisi lain untuk membuat kontrol terhadap speaker lebih baik, apalagi yang diiringi oleh penggantian speaker, mutlak memerlukan daya lebih besar. Sehingga kehadiran power amplifier tambahan tetap diperlukan.

Performa NP800.4
Bicara mengenai merek yang satu ini yaitu “Performa”, kami selalu terbayang akan tenaga yang powerful dan fisik yang besar. Namun tipe ini yaitu NP800.4, fisiknya sangat kecil. Ukurannya hanya 24 x 17 x 4,5 cm saja, sehingga awalnya kami mengira ini adalah sebuah pre-amplifier atau sebuah prosesor pasif.

Meski Class D, yang biasanya tidak menghasilkan panas yang tinggi, Performa tetap membuat penampilannya sangar. Casing tetap dari aluminium die cast yang tebal, namun heatsink nya besar-besar. Tapi karena dimensinya kecil, terlihat NP800.4 seperti “mini” Performa.

Mengenai fitur, semua kemampuan dari power fullrange 4 kanal disematkan. Seperti variabel lowpass dan highpass filter, kemudian bassboost. Semua nya ada baik untuk kanal 1-2 maupun 3-4 nya. Jadi selain untuk fullrange biasa, power ini bisa digunakan untuk subwoofer atau midrange ke atas. Konfigurasinya bisa bermacam-macam juga, 4 speaker fullrange, kanal 1-2 untuk fullrange, kemudian 3-4 untuk subwoofer. Atau main 2 way dengan menggunakan semua kanal yang ada.

Setelah puas dengan bagian luar, yang tampak seperti power fullrange konvensional tapi dengan ukuran lebih kecil, langkah berikutnya adalah bagian “dalamnya”. Di bagian ini terlihat komponen yang sangat banyak dan kecil-kecil. Tampak dalamnya sangat padat. Namun toroidnya terlihat kecil saja. Memang untuk power class D, terkenal sebagai power yang efisien. Jadi daya yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Namun untuk kapasitornya terlihat empat buah kapasitor besar berukuran 4700µF 35 V.

Dari keseluruhan penampilan luar dan dalam, tampak NP800.4 ini menjanjikan. Bisa menghasilkan tenaga yang besar dan reproduksi suara yang memuaskan.

Sound Test
NP800.4 ini kami hubungkan dengan perangkat bantu yang lain. Berupa head unit Pioneer dan speaker Fabulous Acoustic FA2. Dan tentunya seperangkat power supply yang terdiri dari aki Stinger dan power supply 14VDC sebagai pengganti alternator.

Lagu Michael Ruff kami putar. Sangat terasa hentakan yang kencang dari power ini. Tampak meski ukurannya kecil tapi tenaganya besar. Itu yang paling terasa dari power ini. Untuk suara vokal tergolong normal, suara frekuensi tinggi juga tidak bright. Hanya masih terasa karakter class D yang kurang smooth, tapi secara keseluruhan apalagi jika dipandang dari segi tenaga, NP800.4 bisa diandalkan.

AmoPlus Lab.
Pengukuran respon frekuensi terlihat normal. Frekuensi tinggi power class D yang biasanya turun, pada NP800.4 ini terlihat tidak demikian. Tampak sudah disesuaikan untuk penggunaan speaker fullrange.

Pengukuran daya, terlihat luar biasa. Semula kami sangka daya normalnya sekitar 80 Watt, tapi ternyata hampir mencapai 100 Watt. Pantas terasa gebukan yang kuat pada saat sound test.

www.performa-audio.com
Call us : 0812 9986 398

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − 10 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.