Amoplusmagz
Pioneer GM-D8704 : Amplifier Bridgeable 4-Channel Kelas FD Pioneer GM-D8704 : Amplifier Bridgeable 4-Channel Kelas FD
Kebutuhan akan power amplifier eksternal dalam dunia audio mobil memang bukan sesuatu yang mewah, bahkan kini menjadi salah satu komponen penting untuk meningkatkan performa... Pioneer GM-D8704 : Amplifier Bridgeable 4-Channel Kelas FD

Amoplus Magazine – Kebutuhan akan power amplifier eksternal dalam dunia audio mobil memang bukan sesuatu yang mewah, bahkan kini menjadi salah satu komponen penting untuk meningkatkan performa audio, seperti perangkat besutan Pioneer yang disiapkan untuk kebutuhan tersebut.

Pioneer sampai saat ini terus mengembangkan teknologi amplifier dan fitur baru, yang mengedepankan kenyamanan dan fungsi baru dalam setiap komponen audio yang dirilis, sehingga mampu memberi pengalaman berkendara yang lebih baik dalam menampilkan kualitas audio di mobil Anda.

Power amplifier 4 kanal keluaran Pioneer yang masuk dapur lab AmoPlus kali ini adalah seri GM-D8704 dengan desain rangkaian kelas FD, yaitu jenis amplifier digital terbaru yang ekstra efisien dengan peningkatan dramatis dalam kemampuan output daya, yang diharapkan mampu mengeluarkan daya maksimum mencapai 1.200 watt. Artinya Pioneer menyuguhkan kekuatan besar dengan ukuran yang  kecil.

Ada yang istimewa melihat tampilan amplifier keluaran Pioneer kali ini, terutama bentuk serta modelnya yang cukup simpel, namun casingnya ternyata tergolong kokoh dan dikemas dengan heatsink yang tebal, sehingga bobotnya lumayan berat walau ukuran fisiknya mini.

Untuk melindungi sirkuit, rangkaian amplifier digital konsep baru dari Pioneer ini menerapkan ” Protection Control System” yang  dapat mendeteksi suhu internalnya dan secara otomatis memoderasi level input yang sesuai. Sirkuit yang stabil diharapkan tahan lama serta mengurangi resiko high input untuk unit mencapai koneksi 1 Ohm. Dengan desain ini tentunya akan meningkatkan fleksibilitas ketikan menghubungkan beberapa subwoofer ke sistem.

Untuk fleksibilitas ekstra, pengaturan variabel LPF dan HPF membuat frekuensi audio lebih dapat disesuaikan menurut karakteristik subwoofer sesusai preferensi yang diinginkan. LPF dan HPF dapat disesuaikan dari 40 Hz hingga 500 Hz.

Fitur smart dari Pioneer GM-D8704 dan menyenangkan bagi pengguna iPhone di dalam mobil adalah Apple CarPlay yang sangat intuitif untuk melakukan panggilan, mendengarkan musik, dan mengakses pesan hanya dengan satu kata atau sentuhan. Apple CarPlay membutuhkan iPhone 5 atau yang lebih baru dengan versi iOS terbaru

Begitu pula dengan platform Android ke dalam mobil dengan cara yang dibuat khusus untuk mengemudi dan secara otomatis memberikan Anda informasi yang berguna dan mengaturnya menjadi kartu sederhana yang muncul tepat saat dibutuhkan. Ini dirancang untuk meminimalkan gangguan sehingga Anda dapat tetap fokus pada jalan di depan. Android Auto kompatibel dengan ponsel Android yang miniman berjalah di Android 5.0 (Lollipop) atau lebih baru. Android Auto mungkin tidak tersedia di semua perangkat dan tidak tersedia di semua negara atau wilayah.

Dalam pengujian suara, kami menggunakan satu set loudspeaker yang juga masih keluaran Pioneer sistem dua-jalur, dimana amplifier dicoba dalam mode stereo, karena kami menggunakan crossover pasif. Dari  hasil uji dengar, kami dapati karakter suara amplifier ternyata memang andal, dimana kontur bas tersaji dengan gesit, bahkan kualitas treble yang biasanya agak “nyerang” untuk ukuran amplifier yang belum  masuk masa break-in, tapi ternyata diluar dugaan, hasilnya lebih smooth. Sehingga musikalitas secara keseluruhan  tergolong baik.

Spesifikasi :

Channel(s) : 4 / 2 / 1

RCA terminals : Yes

Speaker Terminals : Block-type

LPF : yes

HPF : yes

Maximum power
4 x 200W (4Ω)

4 x 300W (2Ω)

1200W Total

Continuous power output
4 x 100W RMS (4Ω)

4 x 150W RMS (2Ω)

4 x 125W RMS (1Ω)

2 x 300W RMS (4Ω bridged)

Frequency response : 10 Hz – 50 Hz

Input level control
RCA (0.2V – 6.5V)

SP (0.8V – 16V)

Distortion : < 0.05 %

S/N ratio : > 95 dB

Chassis size (W x H x D) : 252 x 60 x 215 mm

Crossover Frequency : 40 – 500Hz (-12 dB/oct) Hz

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 13 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.