Amoplusmagz
Pilihan Pas Hadirkan Nuansa Musik Berkelas Pilihan Pas Hadirkan Nuansa Musik Berkelas
Amoplus Magazine - Pernah mendengar istilah “ada harga, ada kualitas” ? ya, sebagian besar dari kita pastinya pernah mendengar istilah tersebut. Bila kita coba... Pilihan Pas Hadirkan Nuansa Musik Berkelas

Pemilihan perangkat serta penanganan yang tepat jadi salah satu latar belakang hasil suara di mobil ini terdengar lebih berkelas.

Amoplus Magazine – Pernah mendengar istilah “ada harga, ada kualitas” ? ya, sebagian besar dari kita pastinya pernah mendengar istilah tersebut. Bila kita coba renungi, terkadang istilah itu ada benarnya juga loh. Sebuah produk dengan kualitas tinggi tak mungkin dilego dengan harga yang rendah, karena pasti untuk proses produksinya pun memerlukan biaya yang tinggi. Begitu pun sebaliknya, sebuah produk dengan kualitas minim takan bisa dijual dengan nominal tinggi, kalaupun bisa hal tersebut hanya akan membuat pasar kecewa nantinya. Jadi sebaiknya tidak dilakukan yah. Kualitas sebuah produk memang biasanya berbanding lurus dengan banderol harganya. Tak percaya ? coba buktikan saja sendiri.

CRV-AJM-RearSystem

Bicara soal harga dan kualitas, pekan lalu kami berjumpa dengan salah satu pemilik CRV yang sosoknya kami muat di cover majalah AmoPlus edisi kali ini. Ia merupakan salah satu mobil yang digarap oleh AJM Audioworks. Sebelumnya kami mendapat kabar bahwa di CRV ini memiliki sistem audio yang mumpuni. Sebelum bertemu langsung sejujurnya kami masih belum begitu yakin tentang kebenaran kabar tersebut. Namun kami dibuat terkejut saat benar-benar bertemu dengannya.

CRV-AJM-FrontSystem

Dari luar tampilannya memang nampak tak jauh berbeda dari mobil-mobil serupa pada umumnya. Pemiliknya tak melakukan banyak ubahan pada bagian ini. Yang nampak “seram” adalah bagian dalamnya. Pada sistem audio yang terpasang, sederet perangkat branded diaplikasikan. Kami yakin sang pemilik tak membayar dengan harga murah untuk semua yang terpasang di mobilnya ini. Namun kami rasa setara lahh dengan kualitas suara yang didapat. Seperti yang tadi kami bahas di atas, “harga memang tak pernah bohong”, “ada harga, ada kualitas”. Yaa kira-kira begitulah kata yang tepat untuk menggambarkan audio di CRV ini.

CRV-AJM-HeadUnit-Remote

Audio pada CRV ini mengusung genre SQ. Ya, kami rasa genre ini memang sangat tepat diaplikasikan untuk mobil-mobil yang berkeliaran di jalan ibu kota. Pasalnya kepadatan jalanan di Jakarta ini semakin hari semakin tak tertahankan. Mau tak mau para pemilik kendaraan harus memiliki sarana hiburan mumpuni dalam kendaraannya, semacam audio inilah misalnya. Bila tidak, bersiaplah diserang rasa jenuh dan suntuk saat terjebak padatnya jalanan ibu kota.

CRV-AJM-HeadUnit

Pada genre SQ yang diaplikasikan, sebagian besar perangkat audio yang digunakan berasal dari brand Bewith. Brand audio asal Jepang satu ini memang dikenal memiliki kualitas yang mumpuni. Karenanya di pasar tanah air penikmatnya lebih banyak berasal dari kalangan “kelas kakap” dunia audio.

CRV-AJM-HeadUnit-DoubleDin

Pada CRV ini perangkat audio standard bawaan mobil semuanya dilucuti. Pada tiap lininya digantikan oleh perangkat-perangkat lansiran Bewith. Seperti halnya pada bagian head unit. Head unit seri MM1 besutan Bewith diaplikasikan sebagai source pemutar audio di CRV ini. Bewith MM1 merupakan head unit yang fungsinya merangkap sebagai kaca spion tengah mobil. Dan bentuknya pun sebetulnya lebih mirip dengan spion ketimbang sebuah head unit. Tapi jangan salah, sederet fitur mumpuni telah tersemat di dalamnya. Maka dari itu banderolnya pun lumayan.

CRV-AJM-Amplifier-Processor

Untuk speaker juga sama, di kabin depan dipasangkan satu set komposisi 3way Bewith. Penempatannya sih sepertinya tak jauh berbeda dari penempatan speaker 3way pada umumnya. Pembedanya hanya anglenya saja yang mungkin beda beberapa mili arahnya. Dibagian belakang ditambahkan satu buah subwoofer Bewith, guna menambah suara dentaman bass-nya.

CRV-AJM-Amplifier-Processor-Subwoofer

Keseluruhan speaker yang terpasang digerakan oleh amplifier Bewith. Amplifier-amplifier tersebut dipasangkan di area bagasi mobil, ditata dengan rapi sehingga tampilannya nampak lebih menarik. Oya, untuk urusan pengolah suara tugasnya diemban oleh prosesor Mosconi.

CRV-AJM

Keseluruhan speaker yang terpasang digerakan oleh amplifier Bewith. Amplifier-amplifier tersebut dipasangkan di area bagasi mobil, ditata dengan rapi sehingga tampilannya nampak lebih menarik. Oya, untuk urusan pengolah suara tugasnya diemban oleh prosesor Mosconi.

CRV-AJM-Skema

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + twenty =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.