Amoplusmagz
Pas Porsinya Pas Porsinya
Xpander ini adalah milik Yanto Martoyo, seorang enthusiast car audio yang saat ini tinggal di wilayah Ternate. Sistem audio pada mobil ini digarap oleh... Pas Porsinya

Tak kurang juga tak lebih, namun audio yang terpasang sangat nyaman saat dikonsumsi oleh telinga

Amoplus Magazine – Xpander ini adalah milik Yanto Martoyo, seorang enthusiast car audio yang saat ini tinggal di wilayah Ternate. Sistem audio pada mobil ini digarap oleh E’sound, Jakarta. Sebetulnya sebelum ditangani oleh E’sound audio di mobil ini juga sempat digarap oleh workshop lain, namun dirasa kurang optimal lantas akhirnya sang pemilik mempercayakan mobilnya ini pada E’sound.

Selama beberapa bulan mobil ini mengendap di Jakarta. Setelah audionya selesai digarap beberapa kali mobil ini sempat diikut sertakan dalam ajang kontes audio mobil. Hasilnya seperti yang dapat kita lihat, serentetan trophy berhasil dikumpulkannya. Hal tersebut mengindikasikan bahwa memang sistem audio yang terpasang di dalamnya tak bisa dipandang sebelah mata.

Awalnya sang pemilik merombak audio di mobilnya ini hanya sebatas untuk konsumsi harian saja. Namun seiring berjalannya waktu nampaknya ia pun mulai tertarik untuk terjun langsung di arena kompetisi.

Mengenai sistem, sebetulnya yang terpasang pada Xpander ini terdiri dari bermacam merek produk. Pada bagian head unit terpasang Kenwood 9018. Sementara itu untuk speaker depan diisi oleh midwoofer Brahma 6”, fullrange RG100.6, dan super tweeter Art Nouveau. Untuk penghasil suara bass-nya di bagian belakang ditambahkan satu buah subwoofer dari SB Acoustic berukuran 10”. Speaker-speaker yang terpasang di mobil ini digerakan oleh dua amplifier Harmonic Drive A600. Untuk pengolah suaranya dipercayakan pada prosesor NS Audio.

Komposisi audio pada mobil ini bisa dikatakan memiliki porsi yang pas. Tak kurang juga tak lebih, audio yang terpasang sangat nyaman saat dikonsumsi oleh telinga. Kami hampir tak menemukan celah saat coba mendengarkan audio di mobil ini. Dari beberapa music yang coba kami putar semuanya berhasil disajikan dengan porsi yang pas, tanpa terkesan dibuat-buat. Artinya suara yang diperdengarkan benar-benar terasa natural.

Kedepannya mobil ini mungkin akan lebih banyak menemani pemiliknya beraktivitas sehari-hari. Untuk kompetisi sendiri kemungkinan besar akan sedikit ia kurangi. Kendati demikian sang pemilik nampaknya telah cukup puas dengan pencapaian mobilnya ini. Kini saatnya ia sendiri yang menikmati sajian audio yang selama ini banyak disanjung oleh para juri.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − 12 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.