Amoplusmagz
Optimalkan Audio di Mobil MPV Optimalkan Audio di Mobil MPV
Biante ini sejatinya merupakan mobil harian milik Ario. Ia biasanya menggunakan mobil ini untuk mobilitasnya sehari-hari, pulang pergi ke kantor, hingga membawa anggota keluarganya... Optimalkan Audio di Mobil MPV

Suasana kabin akan jauh lebih menyanangkan apabila didalamnya terdapat system audio yang mumpuni

Amoplus Magazine – Biante ini sejatinya merupakan mobil harian milik Ario. Ia biasanya menggunakan mobil ini untuk mobilitasnya sehari-hari, pulang pergi ke kantor, hingga membawa anggota keluarganya yang lain untuk beraktifitas. Pada dasarnya mobil ini dijadikannya sebagai mobil keluarga. Kebetulan Ario memiliki kegemaran pada dunia audio. Karenanya pada mobil ini ia sedikit melakukan perombakan di sector audionya.

Audio di mobil ini dirombak oleh workshop Pesona audio, Jakarta. Sistemnya menganut aliran SQ. Genre ini dinilai lebih tepat untuknya. Mengingat Biante ini adalah mobil keluarga, selain itu juga dalam kesehariannya Ario lebih banyak menikmati audio di dalam mobil. Mengenai apa yang terpasang di bagian dalam, berikut kami sajikan pemaparannya.

Tempat head unit diisi oleh Kenwood seri 9. Dari segi fitur head unit ini termasuk sudah cukup lengkap. Selain itu reproduksi suaranya juga cukup baik, bisa melumat beragam format file audio. Kemudian di sector penghasil suara ada komposisi speaker 3way Reverb Acoustic. Speaker tersebut diposisikan di pilar A dengan tweeter dan midrange di taruh di pilar, midbass di trim pintu depan.

Satu subwoofer Reverb Acoustic berukuran 12” turut ditempatkan di area belakang. Subwoofer ini mengemban tugas untuk melontarkan suara bass hingga terdengar ke area depan. Box yang digunakan untuk tempatnya bersarang berjenis sealed. Bukan tanpa alasan, pemilihan jenis sealed dimaksudkan agar control suaranya lebih baik.

Total ada tiga amplifier diaplikasikan untuk mendrive speaker-speaker yang terpasang di mobil ini. Amplifier pertama adalah Flux 4 kanal, ia digunakan untuk menggerakan tweeter dan midrange. Amplifier kedua adalah Cubig 4 kanal, ia dikhususkan untuk menggerakan midbass. Amplifier terakhir adalah monoblok dari US Ampere, ia dikhususkan hanya untuk menggerakan subwoofer.

Secara keseluruhan pola installasi yang dilakukan pada mobil ini terlihat sangat rapih. Setiap amplifier dipasangkan di bawah jok sehingga tak sampai mengganggu space lainnya yang masih digunakan. Dari segi suara output yang dihasilkan pun mampu membuat telinga nyaman. Dengan seperti ini suasana kabin pun akan terasa jauh lebih menyenangkan.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.