Amoplusmagz
Nyaman Untuk Daily, Optimal Untuk Sound Quality Nyaman Untuk Daily, Optimal Untuk Sound Quality
Sejatinya mobil ini merupakan mobil harian. Artinya sang pemilik masih mengandalkannya untuk mobilitas sehari-hari. Salah satunya karena hal tersebutlah konsep rombakan tidak dibuat terlalu... Nyaman Untuk Daily, Optimal Untuk Sound Quality

Amoplus Magazine – Avega satu ini merupakan milik salah seorang anggota Grand Avega Community (Gravity). Beberapa waktu lalu kebetulan tim AmoPlus berkesempatan untuk menemui beberapa anggotanya. Di Gravity sendiri sebetulnya ada beberapa anggota yang gemar terhadap dunia audio. Satu diantaranya telah kami muat pada edisi lalu. Nah kali ini giliran yang satu ini kami bahas. Yang menarik pada mobil ini adalah dibalik desainnya yang simple nyatanya ia memiliki suara yang nyaman untuk dijadikan teman sehari-hari.

Sejatinya mobil ini merupakan mobil harian. Artinya sang pemilik masih mengandalkannya untuk mobilitas sehari-hari. Salah satunya karena hal tersebutlah konsep rombakan tidak dibuat terlalu ekstrim. Segala sesuatunya benar-benar disesuaikan supaya si mobil tetap nyaman dipergunakan sehari-hari. Workshop yang menangani perombakan audio di mobil ini adalah Esound, bermarkasi di kawasan MGK Kemayoran.

Mengenai sistem, genre yang dianut adalah sound quality (SQ). Pemilihan genre ini dimaksudkan agar sistem yang terpasang dapat dinikmati dalam perjalanan sehari-hari. Terlebih yang namanya komunitas mobil kan biasanya ada agenda untuk touring dan sebagainya, yang notabene memerlukan waktu tempuh lama saat perjalanan. Bayangkan bila tak ada sistem audio yang mumpuni, tingkat strees yang timbul pasti akan lebih terasa sepanjang perjalanan.

Untuk urusan perangkat, di kabin depan kita dapat melihat sesosok head unit Kenwood tertata rapi pada slotnya. Head unit tersebut memegang peranan sebagai main source, atau pusat pemutaran file audio maupun video pada mobil ini.  Kemudian pada pilar A terlihat komposisi speaker yang telah berubah. Kini yang terpasang disana adalah komposisi split 3way.

Sementara itu di bagian belakang turut ditambahkan satu buah subwoofer dengan box berjenis sealed. Penempatannya diatur sedemikian rupa agar area bagasi tetap dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Satu prosesor Alpine PXA-H800 tak lupa untuk turut diaplikasikan. Ialah yang bertugas untuk merapihkan segaligus membuat tata suara menjadi lebih baik. Pengaplikasian perangkat satu ini didukung dengan penggunaan controller yang ditempatkan di sebelah kursi kemudi.

Secara keseluruhan, desainnya memang nampak sederhana. Sesuai dengan kebutuhan sang pemilik, ia memang dibuat sesederhana mungkin agar si mobil tetap terasa nyaman saat dipergunakan sehari-hari. Namun dibalik desainnya yang simple nyatanya ia memiliki suara yang nyaman untuk dijadikan teman perjalanan. Bukan tak mungkin kedepannya ia juga akan diturunkan dalam beberapa ajang kontes audio bergengsi di tanah air. Kita nantikan saja kiprahnya.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + seventeen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.