Amoplusmagz
Nampak Sederhana, Namun Punya Suara Yang Tak Biasa Nampak Sederhana, Namun Punya Suara Yang Tak Biasa
Innova ini merupakan salah satu mobil yang sistem audionya digarap oleh workshop Channel Audio, Jakarta. Meski secara sistem komposisinya terlihat sederhana, namun nyatanya mobil... Nampak Sederhana, Namun Punya Suara Yang Tak Biasa

Komposisinya mungkin nampak sederhana, tapi kalau soal hasil suara tentu tak bisa dianggap biasa

Amoplus Magazine – Innova ini merupakan salah satu mobil yang sistem audionya digarap oleh workshop Channel Audio, Jakarta. Meski secara sistem komposisinya terlihat sederhana, namun nyatanya mobil ini sering kali kita temukan di arena kompetisi. Hal tersebut mengindikasikan bahwa sistem yang terpasang di dalamnya memang tak bisa dipandang sebelah mata.

Audio di Innova ini mengadopsi genre Sound Quality (SQ). Untuk mobil yang volume kabinnya cukup besar seperti Innova ini terbilang cukup berani hanya mengandalkan speaker 2way untuk penghasil tonalnya. Pasalnya jarak untuk positioning tweeter dan midwoofer nantinya akan cukup berjauhan. Untuk membuat suaranya tetap ada di area dashboard tentunya diperlukan perhitungan-perhitungan yang tak mudah. Karena hal tersebut biasanya para pemilik mobil berkabin luas seperti innova ini kebanyakan memilih menggunakan komposisi 3way sebagai penghasil tonalnya. Salah satu tujuannya adalah agar si speaker bisa lebih efektif bekerja di range frekuensi yang lebih sempit.

Speaker depan pada Innova ini menggunakan Reverb Acoustic. Tweeter diposisikan di pilar A, tingginya kira-kira sejajar dengan pandangan mata. Sementara itu untuk midwoofer masih ditempatkan di tempat standardnya yaitu pada trim pintu depan. Tak ada treatment yang aneh-aneh pada penempatan midwoofer. Satu subwoofer turut ditambahkan di bagian belakang. Subwoofer tersebut disarangkan dalam box sealed di pojok kanan bagian belakang mobil.

Meski hanya mengandalkan komposisi 2way sebagai penghasil tonal, nyatanya suara yang dihasilkan tetap “nge-blend” di semua frekuensi. Selain itu, apa yang dikhawatirkan berhasil diatasi dengan baik oleh sang installer. Suara yang dihasilkan berhasil naik.

Beberapa perubahan kabarnya masih akan dilakukan oleh sang installer untuk lebih menyempurnakan hasil suara di mobil ini. Namun komposisi speaker 2way di kabin depan nampaknya masih akan tetap ia pertahankan.

Innova ini sejatinya merupakan salah satu mobil tanding dari workshop Channel Audio. Ia tergabung dalam squad Reverb Warior yang berisikan para pengguna produk Reverb Acoustic. Kedepannya mobil ini masih akan bertualang di sejumlah kompetisi car audio di tanah air. Kita nantikan saja kiprahnya, akankah ia sanggup untuk semakin bersinar? Kita nantikan bersama.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.